PENGARUH FASILITAS KERJA DAN PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT HALUAN CIPTA MAJU

Authors

  • Sabna Naurah Supendi Universitas Pelita Bangsa
  • Fitri Rezeki Universitas Pendidikan Indonesia
  • Annisa Nurul Fadia Universitas Pelita Bangsa
  • Dahlia Anggraeni Nursyihab Universitas Pelita Bangsa
  • Maulana Akbar Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Fasilitas kerja, Praktek Manajemen SDM, Kepuasan Kerja

Abstract

Proses industri berkembang dengan cepat seiring perkembangan waktu. Perkembangan tersebut menyebabkan persaingan yang ketat di sektor industri. Keberhasilan memenangkan persaingan tersebut akan menentukan suatu perusahaan bisa bertahan hidup dan meningkatkan usaha. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan tersebut adalah memberikan barang dan jasa dengan kualitas yang tinggi. Aspek manusia, proses, dan fasilitas merupakan aspek yang terpenting dalam meningkatkan hasil kualitas yang baik.Kepuasan karyawan dalam praktek manajemen sumber daya manusia memegang penting dalam melayani dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian ini akan menggunakan 6 variabel praktek manajemen sumber daya manusia yaitu format informasi, sasaran dan hasil, kerja sama (teamwork), kepemimpinan (leadership), kepuasan pelanggan, gaji. penelitian ini akan melihat karakteristik karyawan dan pekerjaan terhadap kepuasan karyawan dan keenam variabel tersebut yang berdasarkan hasil kuisioner 50 responden di PT Haluan Cipta Maju. Praktek manajemen sumber daya manusia lebih berpengaruh terhadap kepuasan karyawan dibandingkan fasilitas kerja. Selain itu penulis akan melihat hubungan antara tingkat kepuasan karyawan dengan fasilitas kerja dan praktek manajemen SDM. Hasil tersebut menunjukan bahwa tingkat kepuasan karyawan yang cukup tinggi diperoleh dari praktek manajemen SDM yang sesuai dan fasilitas kerja yang memadai.

References

Asad, M. (2000). Psikologi Industri, edisi keempat cetakan ketujuh. Yogyakarta: Penerbit Liberty. Cushway, B. (2002). Human Resource Management. Jakarta: PT. Gramedia.

Astadi,P, Fardani, F.F.,Nadya,K.M,. (2016). PENGARUH FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA DAN DIKLAT PT. DIRGANTARA INDONESIA. In Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 12).

Hartanto, J. (2002). Pengenalan Komputer.. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Hasibuan, M. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cetakan Pertama. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kesembilan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kusuma, C. W. (n.d.). HUBUNGAN ANTARA PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN TINGKAT KEPUASAN KARYAWAN : STUDI KASUS DI HOTEL NIKKO.In Gunadarma University Repository

Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2014). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA INOVATIF TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN ANASTASIA EKAWATI DEWIE TRIWIJAYANTI WARDONO. In Pengaruh Gaya Kepemimpinan ... 735 Jurnal Ilmu Manajemen | (Vol. 2).

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maupin, R. J., & Lehman, R. C. (1994). Talking Heads: Stereotypes, Status, Sexroles and Satisfaction of Female and Male Auditors. Accounting, Organizations and Society, 427-437.

Pangarso, A. (2014). Organization’s Structure based on Competing Value Approach and Merger Strategy. 2nd International Conference on Technology, Informatics, Management, Engineering, and Environment (TIME-E), 189-193.

Putri, E. Y., Putri, A., Rahma, A., Maolani, F. M., Swadaya, U., & Jati, G. (2022). PENERAPAN PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KARYAWAN. In Bisnis & Manajemen (Vol. 12).

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi, Edisi kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2008). Management, Cetakan pertama, edisi bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Sofyan, S. (2001). Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno (2009). Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Jakarta: Ekonisia, Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Taniredja, T. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Winardi (2007). Manajemen Perilaku Organisasi, Edisi 3. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.

Yuli, S. B. C. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Malang: UMM Press.

Downloads

Published

2024-02-13