PENGARUH DISKON GRATIS ONGKOS KIRIM, INFLUENCER, & ONLINE CUSTOMER REVIEW TER IMPULSEHADAP BUYING PRODUK FASHION DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA BANGSA

Authors

  • Ade Irawan Universitas Pelita Bangsa
  • Rina Mahfudoh Universitas Pelita Bangsa
  • Yulia Wahyu Lestari Universitas Pelita Bangsa
  • Mahabbah Tus Shyfa Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kata kunci: diskon gratis ongkos kirim, influencer, online customer riview, dan impulse buying.

Abstract

Impulse buying terjadi ketika seseorang dipengaruhi oleh upaya promosi, seperti promosi penjualan, yang mengarahkan mereka supaya melakukan pembayaran terhadap suatu barang tanpa niat dan tiba-tiba. Keputusan tersebut didorong oleh keinginan yang kuat pada saat itu, dan pembeli mungkin tidak mempertimbangkan hasilnya dengan cermat. Diskon gratis ongkos kirim, influencer, dan online customer riview adalah beberapa hal yang dianggap mempengaruhi seseorang untuk impulse buying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi Pelita Bangsa Jl. Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Pusat, Bekasi. Peneliti mengidentifikasi populasi sasarannya adalah mahasiswa Program Studi Manajemen, sejumlah 100 mahasiswa sebagai samplenya. Pendekatan pengumpulan sampel yang dipakai adalah non-probabilitas, dan analisisnya menggunakan metode seperti Uji Reliabilitas, Validitas, Analisis Regresi, Asumsi Klasik, dan Hipotesis Parsial. Dari temuan kajian mengungkapkan yang mana variabel diskon gratis ongkos kirim secara positif memiliki pengaruh signifikan pada impulse buying dengan skor ttabel kurang dari thitung (1,985<2,704), variabel influencer secar positif memiliki pengaruh signifikan pada impulse buying dengan skor ttabel kurang dari thitung (1,985<3,078), dan variabel online customer riview secara positif memiliki pengaruh signifikan pada impulse buying dengan skor ttabel kurang dari thitung (1,985<3,556 ).

 

 

References

Ardin, W. N. (2020). Pengaruh flash sale dan tagline “gratis ongkir” shopee terhadap keputusan pembelian impulsif secara online. Universitas Sumatera Utara.

Erida, M. (2021). UJI VALIDITAS DAN UJI RELIABILITAS INSRUMEN MOTIVASI PENGIDAP HIV/AIDS. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 10–21.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Lavenia, G., & Erdiansyah, R. (2022). Analisis Pengaruh Influencer marketing Dan perceived trust TERHADAP impulsive buying Menantea. Prologia, 6(2), 328–333.

Liutammi, R., Enggok, M. S., & Herman, M. (2021). Pengaruh Kinerja Karyawan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Uniska, 1–10.

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Title. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Putri, L., & Wandebori, H. (2016). Factors influencing cosmetics purchase intention in indonesia based on online review. International Conference on Ethics of Business, Economics and Social Science, 255–263.

Rohmatilah, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Impulse Buying Di Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi). Universitas Siliwangi.

Sari, A. E. (2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Spontan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 13(1), 55–73.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.

Wati, R. A., Basalamah, M. R., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya,

Viral Marketing, Dan Customer Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(13).

Wijaya, E., & Oktarina, Y. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying pada Hodshop Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 10–22.

Downloads

Published

2024-02-13