PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS KARYAWAN PT.MATTEL INDONESIA EAST PLANT

Authors

  • Dyta Suci Aulia Universitas Pelita Bangsa
  • Fitri Rezeki Universitas Pelita Bangsa
  • Nahayatul Novus Universitas Pelita Bangsa
  • Della Safitri Universitas Pelita Bangsa
  • Clara Natalia Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kualitas Karyawan

Abstract

Tingkat motivasi kerja yang rendah serta pengaruh kepemimpinan dapat mempengaruhi kualitas karyawan, yang dapat berakibat terhadap tingkat out-put yang dihasilkan suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kualitas karyawan di PT. Mattel Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 22 for window untuk menganalisis regresi linear berganda. Jumlah responden sebanyak 150 karyawan dengan teknik slovin mendapatkan sampel penelitian sebanyak 109 karyawan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data ini menggunakan  dengan cara melakukan wawancara dan pengambilan data responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas karyawan.

References

Nurlina N, Safrida S, Musmulyadi M et.al. [2021]. Jurnal Of Administration and Educatical Management (ALIGNMENT), 1-7, 4(1)“Gaya kepemimpinan dan motivasi mempengaruhi kinerjapegawai”.

Herawati, H., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Kinerja, 2(02), 16-33.

Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117-128.

Ratnawati, S., & Atmaja, H. E. (2020). Pentingnya Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Mendorong Prestasi Kerja. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 6(01), 10-18.

Inaray, J. C. (2016). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Amanah Finance di Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2).

Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi. Scopindo Media Pustaka.

Hafidzi, M. K., Zen, A., Alamsyah, F. A., Tonda, F., & Oktarina, L. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(6), 990-1003.

Inando, E. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Abdilah, F., Jamaludin, A., & Nandang, N. (2022). ANALISIS MOTIVASI KERJA PADA PT. MARKONI MANDIRI PERKASA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 14-21.

Wahyuni, S., & Kusumayadi, F. (2023). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 106-112.

Damayanthi, A. A. (2022). Potret Permasalahan Sumber Daya Manusia di KB/TK Puspa Melati, Kaliwates, Jember. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2).

Sembiring, J. M. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pergawai Pada Kantor Dinas Ketahana Pangan Dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 185-199.

Kurniawan, Y. F. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Karyawan di CV Anugerah Jaya. Agora, 6(2).

Downloads

Published

2024-02-13