Pengaruh Word Of Mouth, Gaya Hidup, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone

Authors

  • Agustini Tanjung Universitas Pelita Bangsa
  • Eva Chintia Universitas Pelita Bangsa
  • Evi chartika Universitas pelita bangsa
  • Novia Nur Rezki Rahman Universitas Pelita Bangsa
  • Oktavia Dian Wibowo Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Word of Mouth, Gaya Hidup, Kepercayaan Merk, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan dunia saat ini memberikan efek positif kepada kemajuan manusia terutama pada bidang komunikasi. Seiring perkembanagn zaman, penggunaan smartphone disunia semakin berkembang pesat, karena kebutuhan komunikasi, akses informasi, dan hiburan yang terpenuhi dengan adanya smartphone dan semakin berkembangnya teknologi, sekamin banyak terebosan baru di bidang telekomunikasi. Banyak brand smartphone yang berlomba-lomba dalam menciptakan produk dengan teknologi yang unggul salah satunya adalah Apple yang menciptakan produk smartphone bernama Iphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, gaya hidup dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 107 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang konsumen yang melakukan pembelian iphone. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multi kolinearitas, uji heterokedastisitas, uji auto korelasi, uji regresi linear sederhana dan berganda, uji t dan koefisien determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa word of mouth berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap  keputusan pembelian smartphone merek iPhone, gaya hidup tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone.

 

Kata Kunci: word of mouth, gaya hidup, kepercayaan merek, Keputusan pembelian

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Current world developments have a positive effect on human progress, especially in the field of communication. As time goes by, the use of smartphones in the world is growing rapidly, because the needs for communication, access to information and entertainment are fulfilled by smartphones and the increasing development of technology, there are increasingly new breakthroughs in the telecommunications sector. Many smartphone brands are competing to create products with superior technology, one of which is Apple, which created a smartphone product called the iPhone. This research aims to determine the influence of word of mouth, lifestyle and brand trust on purchasing decisions for iPhone brand smartphones. This type of research is quantitative research. The sampling technique was obtained using a purposive sampling method with a total sample of 107 respondents who were students at Pelita Bangsa University, Cikarang, consumers who purchased iPhones. Data analysis used in this research uses validity tests, reliability tests, normality tests, multi collinearity tests, heteroscedasticity tests, auto correlation tests, simple and multiple linear regression tests, t tests and coefficient of determination R2. The results of this study show that word of mouth has a positive but not significant effect on the decision to purchase an iPhone brand smartphone, lifestyle has no positive and insignificant effect on the decision to purchase an iPhone brand smartphone and brand trust has a positive and significant effect on the decision to purchase an iPhone brand smartphone.

 

Keywords: word of mouth, lifestyle, brand trust, purchasing decisions

References

Pusparisa, Y. (2021, July 1). Daftar Negara Pengguna Smartphone Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/01/daftar-negara-pengguna-smartphone-terbanyak-indonesia-urutan-berapa

Kotler & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 (Benjamin Molan, Ed.). PT. Indeks.

Soegoto, A. S., & Karamoy, H. (2020). Competitive Strategy Analysis to Increase Consumer Purchasing Decisions on Minimarket Business. ETIKONOMI, 19(1), 119–130. https://doi.org/10.15408/etk.v19i1.14337

Bafadhal, S. A. (2020). Pemasaran Pariwisata Pendekatan Perilaku WIisatawan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Cendana Irwan & Siagian Dergibson. (2022). PERAN CITRA MEREK DAN PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND APPLE (IPHONE) DI JAKARTA. Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie.

Ismi Trias. (2022, March 23). Word of Mouth Marketing: Apa Itu, Pilihan Strategi, dan Keuntungannya. Gliantsblogs. https://glints.com/id/lowongan/word-of-mouth-adalah/

Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 12. Erlangga.

Bahrudin Ananta Yusril, & Nurhidayah & Novianto Syakur Abdullah. (2023). Pengaruh Word Of Mouth, Kualaitas Produk dan Kepercayaan Diri Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek iPhone (Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Triadi, S., Rahayu, Y., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian handphone. Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/JURNALMANAJEMEN, 13(2).

Khoirudin, I. R., & Giyartiningrum, E. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI DIY. Journal Competency of Business, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i1.870

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Produk Dan Merek (Planning Dan Strategy). Qiara Media.

Pramezwary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanesha, R., & Armando, T. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Perspektif, 19(1), 24–31. https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9376

Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 11. https://doi.org/10.31602/atd.v5i1.3384

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690

Buchari, A. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 12. Erlangga.

Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Austin: Greenleaf Book Group Press.

Philip, K., & Amstrong, G. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Bob Subran, MM. Edisi kedua belas. Jilid 1. Erlangga.

Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 2. Erlangga.

Damiati. (2017). Perilaku Konsumen. Rajawali Pers.

Downloads

Published

2024-02-13