Pengaruh Etnosentrisme Konsumen, Limited Edition Product dan Co-Branding Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass Di Cikarang

Authors

  • Kurnia Sandy Universitas Pelita Bangsa
  • Indriyanto Nugroho Universitas Pelita Bangsa
  • Agustini Tanjung Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Etnosentrisme Konsumen, Limited Edition Product, Co-Branding, Keputusan Pembelian

Abstract

Sepatu adalah bagian dari fashion yang semakin berkembang di era modern ini. Salah satu jenis sepatu yang digemari di Indonesia adalah senakers, banyak industri yang memproduksi sepatu jenis ini dan mempunyai beragam bentuk dan ciri khas. Salah satu merek yang cukup populer beberapa tahun ini adalah Sepatu Compass. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Etnosentrisme Konsumen,  Limited Edition Product dan Co-Branding memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner kepada 100 responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnosentrisme konsumen (X1) dengan thitung 2.335 > ttabel 1.984, limited edition product (X2) dengan thitung 1.016 < ttabel 1.984, co-branding thitung 5.423 > ttabel 1.984. Dapat disimpulkan variabel limited edition product secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan etnosentrisme konsumen, limited edition product dan co-branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung 11.840 > nilai Ftabel 2.699 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < lebih kecil dari 0.05.

References

CITA, A. A. (2021, agustus 27). PENGARUH INFLUENCER, GAYA HIDUP, CITRA MEREK, DAN ETNOSENTRISME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MEREK LOKAL PADA GENERASI MILENIAL KOTA MAKASSAR. Universitas Hasanuddin., 1-24.

Lailatul Maghfiroh, S. S. (2021). NIAT BELI SEPATU MEREK LOKAL OLEH GENERASI MUDA: PENGARUHCONSUMER ETHNOCENTRISM, PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED PRICE, DANPERCEIVED BRAND IMAGE. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 9 Nomor 2, 617-633.

Mulyadi1, M. R. (2022, September). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ETNOSENTRISME KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI SEPATU LOKAL “COMPASS” PADA MAHASISWA S1 DI. Jurnal Riset Pemasaran(2986-7851), 28-40. doi:10.29303/1752

Riptiono, S. (2020, Mei). PENGARUH ALLOCENTRIS DAN ANIMOSITY TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 379-388. doi:: https://doi.org/10.17358/jabm.6.2.379.

SURYANTA, D. M. (2023, Maret 14). PENGARUH PRICE PERCEPTION, CO-BRANDING, DAN E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Compass x FxxKingRabbits di E-Commerce Tokopedia di Kabupaten Gianyar). Denpasar, Bali. Diambil kembali dari https://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2631.

Shin, H., Eastman, J. K., & Mothersbaugh, D. (2017). The Effect Of A Limited-Edition Offer Following Brand Dilution On Consumer Attitudes Toward A Luxury Brand. Journal Of Retailing And Consumer Services, 38, 59-70.

Chae, H., Kim, S., Lee, J., & Park, K. (2020). Impact Of Product Characteristics Of Limited Edition Shoes On Perceived Value, Brand Trust, And Purchase Intention; Focused On The Scarcity Message Frequency. Journal of Business Research, 120, 398-406.

Subkhan, M., Diana, S., Alboneh, Z., & Indah, A. N. (2022). ANALISIS PENGARUH CO BRANDING DAN VIRAL MARKETING PRODUK MENU BTS MEAL TERHADAP PERILAKU COMPULSIVE BUYING: (STUDI KASUS: DI MCDONALD’S SULTHAN AGUNG YOGYAKARTA). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(4), 1307 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i4.624.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(03), 1-18.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867.

Fakhruddin, S. H., & Dewi, R. S. (2020). Pengaruh Co-Branding Dan Customer-Based Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Co-Branding Produk Stockroom-Oldblue Di Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 360-368.

Kusuma, M., & Anita, F. A. F. (2021). Pengaruh Co-Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Coklat. Wahana, 73(1), 71-76.

T. I. Ashrori, and S. B. Santosa, "ANALISIS PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING, HARGA PRODUK, DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU LOKAL AEROSTREET DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING," Diponegoro Journal of Management, vol. 12, no. 2, May. 2023.

Downloads

Published

2024-02-13