Pemahaman E-commerce dan Lingkungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha, Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Mahasiswa Pelita Bangsa)

Authors

  • Abdul Aziz Mahasiswa
  • Retno Purwani Setyaningrum Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

E-commerce, lingkungan sosial, itensi berwirausha, efikasi diri

Abstract

Di Indonesia, pengangguran adalah masalah ekonomi yang harus ditangani. Pengangguran disebabkan oleh ketidaksesuaian antara jumlah tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja. Kewirausahaan mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesempatan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa efikasi diri sebagai variabel mediasi lingkungan sosial terhadap pemahaman tentang e-commerce dan keinginan untuk berwirausaha. Penelitian asosiatif ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui alat survei. Jumlah sampel penelitian adalah 91 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman tentang e-commerce berpengaruh signifikan dan positif terhadap efikasi diri, pemahaman tentang e-commerce berpengaruh kecil dan negatif terhadap niat berwirausaha, dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Efikasi diri dan kewirausahaan ditemukan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap efikasi diri terhadap intensi kewirausahaan, sementara efikasi diri dan kewirausahaan memiliki dampak positif.

Downloads

Published

2024-02-15