PENERAPAN METODE CLASS BASED STORAGE TERHADAP PENINGKATAN UTILITAS GUDANG PRODUK JADI DI PT ABC

Authors

  • Anisa Tri Wulan Dari Universitas Pelita Bangsa
  • Miftakul Huda Universitas Pelita Bangsa
  • Stephen Aryanto Universitas Pelita Bangsa
  • Shafa Fadhilah Widya Putri Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Class Based Storage, Utilitas Gudang, Tata Letak Pergudangan, Efisiensi.

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan metode Class Based Storage untuk meningkatkan utilitas gudang produk jadi di PT ABC. Gudang perlu dikelola dengan baik agar terjadi peningkatan utilitas, efektivitas, dan efisiensi dalam setiap proses aktivitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan metode Class Based Storage. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi penempatan gudang sangat tidak efisien dalam menunjang operasional, dan tidak adanya standar        penempatan barang menjadi masalah utama. Dari data persediaan barang dan data keluar    masuk barang, dapat dihitung persentase pengeluaran dan persentase kumulatif untuk menentukan letak barang yang optimal. Metode Class Based Storage digunakan untuk merancang perbaikan tata letak pergudangan dalam meningkatkan utilitas         kapasitas gudang dan percepatan pemenuhan permintaan.

References

Tompkins, J. A., White, J. A., Bozer, Y. A., & Tanchoco, J. M. A. (2010). Facilities Planning. Wiley.

Coyle, J. J., Bardi, E. J., & Langley, C. J. (2003). The Management of Business Lo-gistics: A Supply Chain Perspective. SouthWestern/Thomson Learning.

Johan, J., & Suhada, K. (2018). Usulan perancangan tata letak gudang dengan menggunakan metode class-based storage (studi kasus di pt heksatex indah, cimahi selatan). Journal of Integrated System, 1(1), 52–71.

Wignjosoebroto, S. 2003. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Surabaya : Guna Widya

Dewi sartika Volume 3 No 2 September 2023 Analisis Metode Class-Based Storage Pada Aplikasi Monitoring Letak Petikemas

Heldy Juliana Vol. XI, No. 2, Mei 2016 PENINGKATAN KAPASITAS GUDANG DENGAN PERANCANGAN LAYOUT MENGGUNAKAN METODE CLASS-BASED STORAGE

Siti Rahayu Vol. 16, No. 1, 2023, pp. 471~480 Optimalisasi Tata Letak Part Ware-house Untuk Meningkatkan Kinerja Pergudangan dengan Menggunakan Metode Class Based Storage

Downloads

Published

2024-02-16