IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PDCA DAN SEVEN TOOLS DI PT. Tire Industry Manufacture

Authors

  • Abdul Majid Universitas Pelita Bangsa
  • Miftakul Huda Universitas Pelita Bangsa
  • Yuli Munanda Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

PDCA, SEVEN TOOLS, QUALITY

Abstract

Perkembangan bisnis meningkat semakin ketat memberikan dampak terhadap persaingan bisnis baik di pasar domestik maupun di pasar internasional. Salah satu cara agar bisa memenangkan kompetisi yaitu dengan memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan. sehingga bisa mengungguli produk yang dihasilkan oleh pesaing. PT. Tire industry manufacture adalah sebuah perusahaan industri manufaktur yang bergerak di bidang otomotif dengan hasil produksi berupa ban sepeda motor dan mobil. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan produk atau NG produk yang tinggi dengan menetapkan standar guna memuaskan konsumen sekaligus bisa mengungguli produk yang dihasilkan oleh pesaing. Namun di dalam proses produksi dari beberapa data Cacat/NG produk yang diambil yaitu NG kecacatan gelembung (Blister) yang selalu berada di lima terbesar pada satu bulan terakhir. NG kecacatan gelembung (Blister) memberi kontribusi terbesar dibandingkan dengan seluruh NG yang ada dan melebihi batas yang ditetapkan yaitu sebesar 21,87% (dari data bulan Juni 2023). Melihat permasalahan yang terjadi tersebut, oleh karena itu perusahaan memerlukan pengendalian kualitas yang berguna untuk mengurangi dan menekan terjadinya Cacat/NG produk sesuai dengan yang diharapkan. Dan kegiatan pengendalian kualitas tersebut dilakukan dengan menggunakan metode pengendalian kualitas dengan alat bantu dasar pengendalian kualitas (QC seven tools) dan siklus Plan- Do-Check-Action (PDCA). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa problem NG kecacatan gelembung (Blister) pada produk mengalami penurunan yakni sebelum perbaikan adalah 21,87% menjadi 20,52% setelah perbaikan.

References

M. Prasojo, Giyanto, and M. Rahayu, “Implementasi Metode PDCA Dan Seven Tools Untuk Pengendalian Kualitas Pada Produk Sheet Di PT. Kati Kartika Murni,” JIMTEK J. Ilm. Fak. Tek., vol. 1, no. 3, pp. 195–210, 2020.

A. Nurholiq, O. Saryono, and I. Setiawan, “Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk,” J. Ekonologi, vol. 6, no. 2, pp. 393–399, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/download/2983/2644

M. Choirul, I. Pengendalian, K. Menggunakan…, M. C. Anam, and M. Jufriyanto, “Implementasi Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Seven Tools Di Umkm Tempe Lestari Implementation of Quality Control Using the Seven Tools Method At Umkm Tempe Lestari,” Jieom, vol. 05, no. 01, pp. 2620–8184, 2022, [Online]. Available: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jieom/index

A. Sander, C. Henderson, G. Metz, S. May, and S. Brown, “Specialized Care of Women and Newborns Affected by Opioids With a CORE Team of Nurses,” Nurs. Womens. Health, vol. 22, no. 4, pp. 327–331, 2018, doi: 10.1016/j.nwh.2018.06.001.

E. Haryanto, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bos Rotor Pada Proses Mesin Cnc Lathe Dengan Metode Seven Tools,” J. Tek., vol. 8, no. 1, 2019, doi: 10.31000/jt.v8i1.1595.

Downloads

Published

2024-02-16