PENGARUH DISIPLIN, MOTIVASI, TERHADAP PRODUKTIVITAS DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( STUDI KASUS PT YAMAHA MOTOR KARAWANG )

Authors

  • Rizqi Romadon Universitas Pelita Bangsa
  • Aditia Tri Padilah Universitas Pelita Bangsa
  • Vyto Ariyanto Universitas Pelita Bangsa
  • Febriana Kause Universitas Pelita Bangsa
  • Nony Lulu Amanda Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Produktivitas Kerja, Kepuasan Kerja, NGARUH DISIPLIN, MOTIVASI, TERHADAP PRODUKTIVITAS DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kepuasan kerja dan produktivitas karyawan PT Yamaha Motor Karawang responden dalam penelitian ini yaitu karyawan PT Yamaha Motor Karawang yang berjumlah 49 orang, dan SmartPLS digunakan sebagai metode analisis data. Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas dan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi diukur dengan menganalisis hubungan antar variabel menggunakan teknik analisis jalur. Uji Hipotesis Hasil penelitian  menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel jenis kelamin, umur, pendidikan, dan jam kerja dengan karakteristik responden pengguna aplikasi SmartPLS 3.0. Hipotesis yang diajukan meliputi pengaruh variabel terhadap R-square dan F-square, serta hubungan antar variabel. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan proporsi karakteristik responden antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan empat hipotesis yang dihasilkan dari empat variabel yang positif signifikan  terhadap seluruh variabel yaitu disiplin kerja, motivasi, produktivitas kerja, dan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi.

Downloads

Published

2024-02-16