PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIXUE

Authors

  • Dafit Hidayat Universitas Pelita Bangsa
  • Nurhasanah Eli Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Produk Mixue di Perumahan Citra Indah City. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dan pendekatan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli Produk Mixue di Perumahan Citra Indah City. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Software IBM SPSS Statistic Versi 26. Uji yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis T dan F. Temuan dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan variabel harga, kualitas produk dan promosi memberikan kontribusi pengaruh sebesar 60,8% terhadap keputusan pembelian dan sisanya 39,2% dijelaskan oleh factor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

M Nur Ihsan, Budi Wahono & Mohammad Rizal (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan promosi terhadap Keputusan Pembelan Es Krim Mixue di Universitas Islam Malang. Jurnal Riset Manajemen 12(2),2302-7061

Anggita, R., & Ali, H. (2016). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District). 239–244. https://doi.org/10.21276/sb

Gerung, C. J., & Loindong, J. S. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2221–2229.

Ghozali. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gigih Erlik Budiharja, R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image. 8(2), 92–121.

Gulliando, D. (2020). The Effect of Product Quality, Price and Promotion on Purchasing Decisions. Innovation Research Journal, 1(1), 34. https://doi.org/10.30587/innovation.v1i1.1190

Hadi Brata, B., Husani, S., & Ali, H. (2017). “The Importance of Training Programs in the Improvement of the Performance of Employees In The Petroleum Companies”- Case of Sonatrach Company - The Regional Directorate of BERKAOUI (Ouargla- Algeria). Saudi Journal of Business and Management Studies, 433–445. https://doi.org/10.21276/sjbms

Harman. (2017). Manajemen Pemasaran. CV. Alfabeta.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Edisi 13 J).

Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13 Jilid 1).

Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principle of Marketing (15th ed.). Pearson Pretince Hall.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start- Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Sinta. (2021). Ini fitur favorit Amanda Manopo di vivo Y53s. https://www.tek.id/gadget/fitur-favorit-amanda-manopo-di-vivo-y53s- b2c7V9lTX

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed

Methhods). CV. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustaka Baru Press.

Vincencia, M., & Christiani, N. (2021). The Effect of Product Quality, Price, and Promotion toward Students’ Purchase Decision for Telkomsel Products. Review of Management and Entrepreneurship, 5(2), 137–150. https://doi.org/10.37715/rme.v5

Downloads

Published

2024-02-18