Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Secondhand di Kota Jakarta Pusat

Authors

  • Anggi Nanda Pertiwi Universitas Pelita Bangsa
  • Anna Wulandari Universitas Pelita Bangsa
  • Mardiyana Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

pengaruh harga , kualitas produk, word of mout , dan keputusan pembelian

Abstract

Kebutuhan setiap manusia tidak dapat dipisahkan dari sandang atau pakaian. Pakaian terdiri dari berbagai macam jenis,yang dahulunya hanya digunakan untuk menutupi tubuh mereka. Pakaian dikenal dengan fashion dapat dimaknai sebagai busana atau pakaian. Industri fashion  selalu menghadirkan tampilan baru ragamnya bermacam macam. Kehadiran secondhand kini sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Bagi para penikmat secondhand mereka mampu mendapatkan pakaian yang unik dengan kualitas bagus dan dengan harga yang murah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pakaian bekas atau secondhand di Kota Jakarta Pusat. Data penelitian diperoleh dari hasil kuisioner yang disebarkan kepada 61 responden yang berdomisili di Jawa Barat dan sudah pernahmelakukan pembelian pakaian thrifting. Analisis regresi linier ganda dilakukan menggunakan bantuan software SPSS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa harga dan kualitas produk sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian secondhand.

References

Azka, M. I., & Astuti, S. R. T. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Promosi, Harga, Dan Penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standar) Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Coffee Shop Embun Senja. Diponegoro Journal of Management, 12(6), 1–11.

Kuswanto, H. (2021). Faktor Keputusan Pembelian Konsumen Berdasarkan Citra Merek, Persepsi Waktu, dan Layanan Purna Jual di Trading Company PTA (Kajian Studi Literatur Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 957–966.

Saputra, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru. Skripsi, 23. https://repository.uir.ac.id/6149/1/RIDHO SAPUTRA.pdf

Setyawati, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 19(1), 57–63. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/12660/2345

Wowor, M. C. (2015). Tingkat Kepuasan Konsumen Klappertaart Di Kartini Cake and Bakery Manado. Cocos, 6(9).

Downloads

Published

2024-02-18