PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEEPAY LATER TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF MASYARAKAT DESA PURWOSARI
Abstract
Shopeepaylater adalah salah satu bentuk dari e-wallet atau dompet digital. E-wallet adalah uang elektronik yang berbasis pada server. Fitur paylater yang ada di shopee dapat digunakan saat memilih metode pembayaran pada fitur shopee, dengan limit paylater yang telah ditentukan oleh pihak shopee. Tujuam dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan shopeepaylater terhadap gaya hidup konsumtif. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket online kepada Masyarakat Desa Purwosari dengan populasi 662, sampel yang digunakan sebanyak 66 orang. Analisis data yang gunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh informasi bahwa variabel penggunaan shopeepaylater (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup konsumtif (Y). Dan berdasarkan uji t menunjukkan penggunaan shopeepaylater (X) secara parsial, dapat menghasilkan dampak atau pengaruh terhadap variabel dependen gaya hidup konsumtif (Y).
References
F. Islami, Rafidah, dan P. A. Lubis, “PENGARUH PENGGUNAAN E-MONEY DAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FEBI UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI DALAM PESPEKTIF SYARI’AH,” INFOTECH journal, vol. 9, no. 2, hlm. 339–344, Jul 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i2.6072.
M. Ria Utami, H. Aravik, dan 2023, “Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee PayLater II Kota Palembang Serta Pandangan Perspektif Ekonomi Islam Terhadapnya.”
Nuraini, “Fintech: Definisi, Manfaat, Jenis hingga Dasar Hukumnya,” Bisnis.com.
S. Z. Khostamarul, A. Lubis, A. R. Siregar, dan D. Lestari, “Pengaruh Peggunaan Shopee Later Terhadap Perilaku Konsumtif.”
S. AFTIKA, H. HANIF, dan Y. DEVI, “PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEEPAYLATER ‘BAYAR NANTI’ TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH,” REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, vol. 3, no. 1, hlm. 87–106, Jan 2022, doi: 10.24042/revenue.v3i1.11228.
elpa Julita, “PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MUSLIM (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU)”.
M. Ria Utami dan H. Aravik, “Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee PayLater II Kota Palembang Serta Pandangan Perspektif Ekonomi Islam Terhadapnya”.
E. M. Fitria, “DAMPAK ONLINE SHOP DI INSTAGRAM DALAM PERUBAHAN GAYA HIDUP KONSUMTIF PEREMPUAN SHOPAHOLIC DI SAMARINDA,” vol. 1, no. 3, hlm. 117–128, 2015.
J. Ekonomi dkk., “Neraca PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MELALUI FITUR SHOPEE PAYLATER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS YUPPENTEK INDONESIA,” 2023. [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca
Natalia Susanto, “PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DIVISI PENJUALAN PT REMBAKA,” 2019.
richie Wungow, “KUALITAS LAYANAN, CITRA, NILAI DAN KEPUASAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL ROCK RAND MANADO,” Jurnal EMBA, 2013.
E. Julita, idwal, dan herlina yustati, “Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 8, no. 03, hlm. 2953–2957, 2022, doi: 10.29040/jiei.v8i3.6775.
P. Rahima dan I. Cahyadi, “Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram,” Target : Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 4, no. 1, hlm. 39–50, Jul 2022, doi: 10.30812/target.v4i1.2016.
M. Ria Utami dan H. Aravik, “Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee PayLater II Kota Palembang Serta Pandangan Perspektif Ekonomi Islam Terhadapnya”.