PENGARUH PENGGUNAAN PEMBAYARAN SHOPEEPAY LATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI STIEKIA

Authors

  • Shania Nurlaila Achmadhana STIE Cendekia Bojonegoro
  • Desta Fitriana Putri STIE Cendekia Bojonegoro

Keywords:

Pembayaran, SHOPEEPAY LATER, Perilaku Konsumtif

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu yang pertama, mengetahui penggunaan Shopee Paylater di kalangan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojongeoro. Kedua, mengetahui perilaku konsumtif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojongeoro. Ktiga, Mengetahui pengaruh penggunaan pembayaran Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa di STIEKIA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif, yaitu menjelaskan tentang pengaruh penggunaan shopee paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di STIEKIA. Hasil Pengujian hipotesis diperoleh angka signifikasi (Sig) sebesar 0,361 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 yang menyatakan Pengguna Shopee Paylater berpengaruh negatif terhadap Prilaku Konsumtif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro. Sedangkan Ha ditolak, berarti tidak dapat pengaruh penggunaan Shopee Paylater (X) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa (Y).

References

P. Rahima and I. Cahyadi, “Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram,” Target J. Manaj. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 39–50, 2022, doi: 10.30812/target.v4i1.2016.

S. AFTIKA, H. HANIF, and Y. DEVI, “Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopeepaylater ‘Bayar Nanti’ Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syariah,” REVENUE J. Manaj. Bisnis Islam, vol. 3, no. 1, pp. 87–106, 2022, doi: 10.24042/revenue.v3i1.11228.

G. Diaza and T. Pratnyawati, “Terhadap Pembelian Impulsive Pada Mahasiswa Uin Malang Jurusan Manajemen 2018-2020,” J. EKBIS Anal. Prediksi, dan Inf., vol. 24, no. 1, pp. 72–83, 2023.

F. D. W. Damayanti and C. Canggih, “Pengaruh Penggunaan Pembayaran Shopeepay Later Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Generasi Milenial Di Surabaya,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 03, pp. 1880–1888, 1905.

D. Sunyoto and Y. Saksono, “Perilaku Konsumen,” Eureka Media Aksara, Novemb. 2022 Anggota Ikapi Jawa Teng., p. 212, 2022.

C. M. Annur, “Shopee Paylater, Layanan Paylater Paling Banyak Digunakan pada 2021.”

Downloads

Published

2024-02-11