PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO RENA BOJONEGORO

Authors

  • Nuki Cahyanti STIE Cendekia Bojonegoro
  • Nela Saadia Fadhilah STIE Cendekia Bojonegoro

Keywords:

STORE ATMOSPHERE, Keputusan Pembelian, Konsumen

Abstract

Melihat kondisi persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha terutama dibidang fashion makaToko RENA harus dapat mencapai tujuan seperti dengan menciptakan suasana toko yang baik untuk mempertahankan keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Store Exterior, General Interior, Store Layout, dan Interior Display terhadap kepuasan konsumen di toko RENA Cabang Bojonegoro. Penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel pada penelitian inidiambil dengan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda dengan bantuan  software IBS SPSS Statistics for Windows . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial bahwa Store Exterior (X1) dan Interior Display (X4) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen (Y). Sedangkan General Interior (X2) dan Store Layout (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen (Y).

References

BPS Kabupaten Klaten, “Berita Resmi Statistik,” Bps.Go.Id, vol. 19, no. 27, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: https://jakarta.bps.go.id/pressrelease/2019/11/01/375/tingkat-penghunian-kamar--tpk--hotel--berbintang-dki-jakarta-pada-bulan-september-2019-mencapai-58-97-persen.html

D. Afiani, “Pengaruh Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Stars,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 7, no. 3, pp. 30–38, 2019.

D. A. Baskoro and F. Mahmudah, “Pengaruh Harga dan Suasana Café terhadap Keputusan Pembelian,” Glob. Res. Tour. Dev. Adv., vol. 3, no. 2, pp. 136–162, 2021, doi: 10.21632/garuda.3.2.136-162.

A. H. Putri, “Pengaruh Suasana Toko ( Store Atmosphere ) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Swalayan Subur Jaya Desa Buatan II Kecamatan Koto Gasib Influence Of Store Atmosphere On Consumer Purchasing Decisions On Swalayan Subur Jaya Village Buatan II Districts K,” 2023.

P. B. Ansori and L. Lestari, “PENGARUH STORE ATMOSTPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. METRO ABADI SEMPURNA SEMESTA PEKANBARU,” pp. 1–23, 2016.

M. M. Fillah, “PENGARUH SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEDAIQU ISTANA FRUITS JUICE REMBANG,” Corp. Gov., vol. 10, no. 1, pp. 54–75, 2020.

Downloads

Published

2024-02-11