ANALISIS PENGENDALIAN INTERN ATAS PIUTANG PADA PT.BPR RAJEKWESI BOJONEGORO

Authors

  • Riana Della Puspita Oktaviani STIE Cendekia Bojonegoro
  • Syaidatun Nisa STIE Cendekia Bojonegoro

Keywords:

pengendalian intern, , kredit simpan pinjam, piutang usaha

Abstract

Pengendalian intern adalah suatu kerangka yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan dalam melakukan kegiatannya guna mengendalikan jalannya perusahaan dan mengamankan aset perusahaan, dengan membuat peraturan atas kebijakan untuk dipatuhi oleh manajemen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan konsep pengendalian intern model COSO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pengendalian intern terhadap piutang pada PT. BPR Rajekwesi Sumberrejo sudah efektif.Lokasi penelitian yang digunakan beralamatkan di Jl. Raya Sumberrejo No. 105, Sumberrejo, Bojonegoro. PT. BPR Rajekwesi Sumberrejo merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak di bidang menerima simpanan dalam bentuk kredit, deposito berjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya. Sehingga memiliki jumlah piutang yang sangat besar. Penelitian ini menggunakan uji deskriptif kuantitatif terhadap pengendalian intern piutang yang mengacu pada kerangka kerja COSO pada komponen-komponen pengendalian intern. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengendalian intern terhadap piutang berjalan efektif, dapat dilihat total perhitungan yang menunjukkan nilai 903 (berada diantara interval 815-1007), dimana manajemen sudah menerapkan konsep dan prinsip-prinsip pengendalian intern

References

Vizainiyah, Novi. "ANALISIS PENGENDALIAN INTERN ATAS PIUTANG PADA PT. BPR RAJEKWESI SUMBERREJO BOJONEGORO." J-MACC: Journal of Management and Accounting 3.1 (2020): 26-37.

Agustina, Putri. "EFEKTIFITAS PENGGUNAAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI PEDESAAN DI KECAMATAN SUMBERREJO BOJONEGORO." Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial 2.2 (2019): 30-40.

Riyanto, Herry. TA: Penentuan Due Date yang Optimal dengan Pendekatan PERT. Diss. Universitas Dinamika, 2001.

Kasiala, Maria Yuliana, Nova Mamuaya, and James Manengkey. "Analisis Pengendalian Intern Piutang Pada PT. Feni Haltim Cabang Buli Provinsi Maluku Utara: PT. Feni Haltim Cabang Buli Provinsi Maluku Utara." Jurnal Akuntansi Manado (JAIM) (2022): 67-77.

Downloads

Published

2024-02-11