PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MELALUI SHOPEE LIVE STREAMING DAN FLASH SALE TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA MAHASISWA STIE CENDEKIA BOJONEGORO
Keywords:
Shopee Live Streaming, Flash Sale, Perilaku KonsumenAbstract
Berdasarkan data yang ada penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis dari dua variabel bebas yaitu “live Streaming dan Flash sale terhadap perilaku konsumen pada mahasiswa STIE Cendekia Bojonegoro sebagai Variabel terikat. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Kuantitatif, dengan pendekatan asosiatif, dari segi pengukuran, perhitungan, dan kepastian data numerik. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme (sugiyono, 2021). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah besarnya nilai korelasi hubungan ( R ) yaitu sebesar 0,543 dari output tersebut dapat diperoleh koefisien determinasi (R ) Square sebesar 0,295 yang memiliki arti bahwa pengaruh variabel shopee live streaming (X1) dan variabel flash sale (X2) terhadap variabel perilaku konsumen (Y) adalah sebesar 29,5%. Yang artinya pengaruhnya masih lemah dan belum terlalu signifikan. nilai F hitung sebesar 5,644 > F. Tabel (5,490) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,01 > 0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel Shope live streaming (X1) dan shopee flash sale (X2) berpengaruh terhadap variabel perilaku konsumen (Y1). Dengan demikian H1, H2, dan H3 diterima sebagai hipotesa yang menyatakan ada pengaruh dari shopee live streaming (X1) dan flash sale (X2) terhadap perilaku konsumen (Y1). Dan H4 ditolak.
References
A. A. P. Sari and M. A. F. Habib, “Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen ( Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung ),” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 17, pp. 41–58, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.5281/zenodo.8280759
U. Bina, T. Gorontalo, S. Ramadanti, and O. O. Sharif, “Pengaruh Informasi Produk Pada Fitur Live Streaming Terhadap Purchase Intention Dan Habit,” vol. 10, pp. 1178–1190, 2023.
S. Di and K. Jatinegara, “PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN FLASH SALE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA THE INFLUENCE OF LIVE STREAMING SHOPPING AND FLASH SALE ON IMPULSIVE BUYING OF SHOPEE USERS,” vol. 2, no. 4, pp. 88–102, 2023.
D. Dirnaeni, I. Ardiansyah, and C. K. Indira, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Fitur Shopee Live,” Ug J., vol. 16, no. 4, pp. 46–52, 2021.