ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN TRANSAKSI NON TUNAI (CASHLESS) TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM

Authors

  • Arinda Triagita Universitas Pelita Bangsa
  • Nasih Apriani
  • Didi Wirawan Yudanto
  • Zahra Nazwa Lutfiah

Keywords:

transaksi non tunai, UMKM, pertumbuhan, efiensi, implementasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang apakah dampak implementasi, efisiensi, dan persepsi kemudahan penggunaan transaksi non tunai mempengaruhi pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). menggunakan data primer dan menyebarkan kepada pelaku UMKM di Tambun Selatan. Selanjutnya, penelitian yang dihasilkan dianalisis dengan alat statistik menggunakan program SPSS 27. Setelah melakukan analisis data yang sudah diisi oleh para pelaku UMKM, ditemukan dengan adanya dampak implementasi, efisiensi, dan persepsi kemudahan dapat mempengaruhi pertumbuhan UMKM. Hal tersebut menunjukkan bahwa dampak implementasi, efisiensi dan persepsi kemudahan transaksi non tunai memberikan peranan yang signifikan dalam pertumbuhan UMKM, yang pengaruhnya langsung diterima oleh para pengusaha. Penerapan transaksi non tunai yang memudahkan sistem transaksi, dapat langgsung dalam proses usaha. Dengan kata lain, pelaku UMKM dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan bisnis mereka.

References

Desita, W., & Dewi, G. A. K. R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(01), 115–124.

Farhan, A., & Shifa, A. W. (2023). Penggunaan Metode Pembayaran QRIS Pada Setiap UMKM di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1198–1206.

Natsir, K., Bangun, N., Attan, M. B., & Landias, J. S. (2023). Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Umkm. Jurnal Serina Abdimas, 1(3), 1154–1163. https://doi.org/10.24912/jsa.v1i3.26208

Rahardjo, B., Ikhwan, K., & Siharis, A. K. (2019). Pengaruh Financial Technology (Fintech) Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Magelang. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers, Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, 347–356.

Sholihah, E., & Nurhapsari, R. (2023). Percepatan Implementasi Digital Payment Pada UMKM: Intensi Pengguna QRIS Berdasarkan Technology Acceptance Model. Nominal Barometer Riset Akuntansi …, 12 no, 1–12. https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/52480

Downloads

Published

2024-02-18