PENGARUH PERKEMBANGAN ERA SOCIETY 5.0 TERHADAP PENJUALAN DI PASAR TRADISIONAL

Authors

  • Diva Dwiyan Putra Universitas Pelita Bangsa
  • Elfina Doramayanti Universitas Pelita Bangsa
  • Alimi Fajar Ramadhan Universitas Pelita Bangsa
  • Moh Aldi Raihan Universitas Pelita Bangsa
  • Rohyati Nur Fadilah Universitas Pelita Bangsa

Abstract

ABSTRAK
Pada era society 5.0 ini andalan perekonomian Indonesia adalah Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang dapat mengasimilasi pekerjaan dan mengurangi pengangguran meskipun persaingan pekerjaan formal dan ekonomi digital merupakan fenomena transformasional yang sedang mempercepat pertumbuhan ekonomi global. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di pasar tradisional telah mengubah paradigma bisnis tradisional. Tujuan pendalaman ini adalah untuk mengetahui dampak kemajuan zaman 5.0 terhadap transaksi UMKM pada sektor Bisnis Adat dan untuk mengetahui dampak pendapatan pembelian masyarakat terhadap transaksi UMKM pada sektor Bisnis Konvensional. Penulis menyebarkan kuesioner untuk mengumpulkan informasi dalam penelitian kuantitatif ini, yang menggunakan metodologi tinjauan literatur. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penjualan di pasar tradisional tidak terpengaruh oleh perkembangan masyarakat 5.0. Hal ini karena beberapa faktor yang membuat peningkatan waktu 5.0 masyarakat umum tidak mempengaruhi kesepakatan. Selain itu, hasil ini juga menunjukkan bahwa minat pembelian masyarakat berdampak pada transaksi di sektor usaha tradisional. Hal ini dikarenakan pedagang yang ramah, bantuan yang baik, tempat yang nyaman dan aman serta barang-barang yang mudah diakses dan terkini.
Kata kunci : era society 5.0, UMKM, pasar tradisional

ABSTRACT
In the time of society 5.0, the backbone of the Indonesian economy are Miniature, Little, and Medium Undertakings, which are able to absorb workers and reduce unemployment despite competition for formal jobs and the digital economy, which is a transformational phenomenon that is accelerating global economic growth. Utilizing information and communication technology in traditional markets has altered the paradigm of traditional business. The point of exploration to decide the impact advancement of the general public 5.0 time on MSME deals in Customary Business sectors and to decide the impact of individuals' purchasing revenue on MSME deals in Conventional Business sectors. The author distributes questionnaires to collect data in this quantitative research, which employs a literature review methodology. This study's findings demonstrate that traditional market sales are unaffected by society 5.0's development. This is because of a few factors that make the improvement of the general public 5.0 time not influence deals. What's more, the examination results likewise show that individuals' purchasing revenue impacts deals in conventional business sectors. This is because of cordial merchants, great help, an agreeable and safe spot and items that are generally accessible and the most up to date.

Downloads

Published

2024-02-19