PENGARUH STRATEGI ENDORSEMENT CONTENT CREATOR FADIL JAIDI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRY 5.0

Authors

  • Anita Salsabila Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Dian Ramadhani Universitas Pelita Bangsa
  • Milawati Dewi Universitas Pelita Bangsa
  • Sri Sofia Andesti Universitas Pelita Bangsa
  • Dilla Afrila Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

endorsment, revolusi 5.0,minat beli, konsumen, influencer, endorsement, revolution 5.0, buying interest, consumers, influencers

Abstract

Penelitian ini yang berjudul Pengaruh Strategi Endorsment Content Creator Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Revolusi Industry 5.0. Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar kredibilitas dan pengaruh endorsement Fadil Jaidi sebagai influencer terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan melakukan survei melalui survei penjelasan. Teori yang digunakan adalah Teori Kredibilitas Sumber, yang berdasarkan objek penelitiannya adalah para pengikut media sosial Instagram @fadiljaidi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel endorsement (X1) berpengaruh terhadap minat beli (Y). Endorsement dalam penelitian ini secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli. Variabel Content Creator (X2) berpengaruh terhadap minat beli (Y). Content Creator dalam penelitian ini secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

References

Esthi, R. B., & Marwah, Y. N. (2020). Kinerja karyawan: motivasi dan disiplin kerja pada pt asahi indonesia. FORUM EKONOMI, 22(1), 130–137. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Firdayanti, A., Amalia Putri, D., Risuandi, D., Niar Ramadhini, R., Fakultas Ekonomi dan Bisnis, M., Bhayangkara Jakarta Raya, U., & Penulis, K. (2022). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI: PROMOSI DAN ENDORSEMENT. 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Karimah, H., Atkia, N., & Apifah, N. N. (2022). PERAN ENDORSEMENT FADIL JAIDI DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. In Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 3). http://ojs.iai-darussalam.ac.id/index.php/ekobis/index

Kumbara, V. B. (2021). DETERMINASI NILAI PELANGGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN ENDORSE.

Rifiani, P., Yuni Dharta, F., & Oxcygentri, O. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram @fadiljaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(12), 289–301. https://doi.org/10.5281/zenodo.6944728

Santoso, D., Riyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, K., Studi Manajemen, P., Pelita Bangsa, U., Ruko Bekasi Mas, B., Ahmad Yani, J., Jaya, M., Bekasi Sel, K., & Barat, J. (2023). Pengaruh Brand Image, Content Creator, dan Social Media Terhadap Keputusan Pembelian. Media Online), 4(1). https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i1.1092

Sapryana, P., Dwina, J., & Sari, P. (2022). Pengaruh Endorsement Selebgram dan Label Halal Terhadap Minat Beli Online Konsumen di Kota Langsa. JIM (Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(2). http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jim

Suriyanti, K. R. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Desain Website Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada tiket.com Di Bekasi (Vol. 15, Issue 01).

Widodasih, R. W. K., Wirastomo, J. T., & BR, K. S. (2020). PENGARUH TESTIMONI, SOCIAL MEDIA, DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH.

Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., Tri, D., & Kartini, M. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. 8(2), 436–452.

Alsaad, A., Selem, K. M., Alam, M. M., & Melhim, L. K. B. (2022). Linking business intelligence with the performance of new service products: Insight from a dynamic capabilities perspective. Journal of Innovation and Knowledge, 7(4). https://doi.org/10.1016/j.jik.2022.100262

Khoirun Nisha, S., & Suriyok, K. (2023). Enrichment: Journal of Management The influence of brand image food delivery service content creator credibility and price on cimory product purchasing decisions. In Enrichment: Journal of Management (Vol. 13, Issue 2).

Kholifatul Maulida, Mochamad Edris, & Joko Utomo. (2023a). The Influence of Product Reviews and Content Creators on Purchase Interest through Affiliate Marketing of Shopee E-Commerce users in Kudus Regency. Journal of Finance and Business Digital, 2(3), 365–374. https://doi.org/10.55927/jfbd.v2i3.6016

Kusumah, C., & Madiawati, N. (n.d.). Pengaruh Desain Produk, Brand Attitude, Dan Kredibilitas Content Creator Terhadap Keputusan Pembelian Cimory Squeeze Melalui Minat Beli Pada Generasi Z Di Kota Bandung The Influence Of Product Design, Brand Attitude, And Credibility Of Content Creator On Cimory Squeeze Purchase Decisions Through Buying Interest In Generation Z In Bandung.

Yuliyzar Ismayudin. (2019). The Increasing Consumer Interest in Buying Through Electronic and Endorsement Advertising Media in Tangerang City Sport Mall Shop. Journal of Marketing and Consumer Research. https://doi.org/10.7176/jmcr/63-07

Khoirun Nisha, S., & Suriyok, K. (2023). Enrichment: Journal of Management The influence of brand image food delivery service content creator credibility and price on cimory product purchasing decisions. In Enrichment: Journal of Management (Vol. 13, Issue 2).

Downloads

Published

2024-02-19