Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli (Survey Pada Toko Burner Distro Rock Merchandise Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.37366/sigma.v8i1.105Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (survey pada Toko Burner Distro Rock Merchandise Bandung) dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Data penelitian yang digunakan dan diolah berasal dari populasi responden yaitu costumer dari Toko Burner dengan sampel sebanyak 80 orang. Data selanjutnya akan di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif yang dipergunakan adalah analisis deskriptif, sedangkan teknik kuantitatifnya menggunakan analisis metode Path dengan tingkat kepercayaan (α) = 0.05. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa persepsi harga di Toko Burner sudah baik, kualitas pelayanan di Toko Burner sudah baik, keputusan pembelian di Toko Burner pun menunjukan kategori yang baik. Hasil dari analisis jalur dan hipotesis yang dilakukan menunjukan bahwa secara simultan dan parsial persepsi harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari hasil rekapitulasi berdasarkan persentase, dihasilkan bahwa secara parsial pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian sebesar 8,4%, pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sebesar 15,7%. Secara simultan pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sebesar 24.1%. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan persepsi harga.
Kata Kunci : persepsi harga, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian.