Pengaruh Persepsi Siswa Pada Kompetensi Mengajar Dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Di SMP Pada Kelas VIII Sub Rayon 4 Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.37366/sigma.v8i3.129Abstract
Abstrak
Penelitian ini terdapat tiga variabel terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel yang diteliti adalah persepsi siswa pada kompetensi mengajar, sikap siswa dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh persepsi siswa atas kompetensi mengajar guru dan sikap siawa secara bersa-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia, mengetahui pengaruh persepsi siswa atas kompetensi mengajar guru terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia, dan mengetahui pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan sampel 80 orang siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 bekasi dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengumpulan angket dan dokumen sekolah. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, analisis korelasi, analisis regresi berganda dan uji F. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F.
Kata kunci : Persepsi Siswa Pada Kompetensi Mengajar, Sikap Siswa, dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia