Aplikasi Reservasi Tiket Bis Pada PO. KRUI PUTRA Cikarang Berbasis Android Dengan Metode Waterfall
DOI:
https://doi.org/10.37366/sigma.v8i4.148Abstract
Abstrak
PO KRUI PUTRA adalah suatu perusahaan jasa transportasi pengangkutan penumpang yang berlokasi di daerah Krui kabupaten pesisir barat lampung. Permasalahan yang terjadi adalah Proses dalam mendapatkan dan penyampaian informasi yang masih kurang mengenai pemesanan tiket kuota penumpang , tidak adanya sistem informasi secara on-line sehingga menyulitkan bagi calon penumpang untuk mendapatkan informasi, tidak terorganisir penyimpanan data pemesanan tiket dengan baik dan benar sehingga memungkinkan data-data tersebut akan hilang, Serta belum optimalnya sistem tiketing, dikarenakan masih diberlakukannya sistem tiketing manual dimana proses yang berjalan masih manual yaitu dengan mencatat pemesan. Alat analisis yang digunakan adalah prosedur sistem berjalan, Use case diagram, aktiviti diagram, Clas diagram, sequence diagram, normalisasi, kamus data, struktur file, struktur menu, spesifikasi program design input dan output, design code. Hasil penelitian mengidentifikasikan bahwa secara umum terjadinya permasalahan diatas adalah belum adanya aplikasi yang bisa memproses pemesanan. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan solusi dengan merancang sebuah aplikasi yang berorientasi objek dimana proses informasi secara online yaitu dengan menggunakan android, dengan adanya sistem ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pendokumentasian dan memberikan kemudahan dalam proses pemesanan secara efisiensi.
Kata Kunci : Transportasi, Tiket, Pemesanan, Sistem, Informasi, Teknologi