Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Di PT. PGC Cikarang)

Authors

  • Sugeng Budi Rahardjo

DOI:

https://doi.org/10.37366/sigma.v8i1.163

Abstract

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  Bauran Pemasaran  yang terdiri dari : Produk,  Harga, Promosi,  Distribusi,  terhadap  Kepuasan Pelanggan  dan implikasinya  terhadap  Loyalitas  Pelanggan,  Studi Kasus  di  PT PGC Cikarang.  Dimana  Produk,  Harga, Promosi, Distribusi  sebagai  variabel  independen, dan  Kepuasan Pelanggan  dan  Loyalitas  Pelanggan  sebagai  variabel dependen.  Dalam  penelitian ini menggunakan  Metode Survey,   dimana kuesioner  disebar  kepada pelanggan  tetap  PT PGC.   Sampel yang digunakan jenis  Accidental  Sample.  Dari Hasil  Penelitian didapatkan  Harga  merupakan  variabel yang sangat  berpengaruh kuat  terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan,  sedangkan  variabel Produk, Promosi, Distribusi,  tidak berpengaruh secara signifikan  terhadap Kepuasan  Pelanggan  dan  Loyalitas Pelanggan.  Hasil  Penelitian juga  menunjukan   pengaruh   yang   kuat  antara  Kepuasan Pelanggan  dengan  Loyalitas  Pelanggan.  Sehubungan  dengan  hal tersebut,  disarankan  PT  PGC Cikarang  untuk  fokus  terhadap  variabel  Harga,  khususnya  Pemberian  Diskon  dan  Lamanya  Pembayaran  agar pelanggan  tetap  mendapatkan  Kepuasan   Pelanggan   sehingga   berimplikasi  kepada  Loyalitas Pelanggan.

Kata kunci :  Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Downloads

Published

2017-03-30

Issue

Section

Articles