Integrasi Sistem E-Customer Order Dengan ERP SAP R/3 Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM)

Authors

  • Wiyanto .

DOI:

https://doi.org/10.37366/sigma.v8i1.169

Abstract

Abstrak

E-Customer Order (ECO) merupakan sistem informasi yang yang dirancang untuk dapat dipergunakan secara langsung oleh customer atau pelanggan dalam membuat order dengan menggunakan fasilitas jaringan internet. Perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang keramik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini sangatlah cocok dengan menerapkan sistem ini. ERP SAP R/3 yang digunakan pada perusahaan ini ialah untuk proses berbagai transaksi, termasuk proses sales order sampai dengan delivery order atas pesanan produk oleh, akan tetapi proses tersebut masih diinput secara manual ke sistem tersebut. Sehingga penerapan sistem tersebut belum maksimal, maka dibutuhkanlah aplikasi secara online untuk fasilitas pembuatan order oleh customer yang langsung dapat diintegrasikan kedalam sistem ERP SAP R/3 yang sudah ada. Penelitian ini merupakan Penelitian Terapan (Applied Research). Metode Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, studi pustaka dan dengan wawancara. Pengembangan model sistem e-custumer order ini ialah menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Pemodelan yang digunakan dalam menganalisa dan merancang sistem informasi ini adalah dengan pemodelan Analisis dan Perancangan Berorientasi Obyek (Object Oriented Analysis and Design) menggunakan Unified Modelling Language (UML). Pengujian validasi menggunakan Focus Group Discussion. Kualitas perangkat lunak yang dihasilkan diuji berdasarkan empat karakteristik kualitas perangkat lunak model ISO 9126, yaitu: functionality, reliability, usability, dan efficiency menggunakan metode kuesioner. Serta teknik pengujian perangkat lunak dengan Software Testing Webserver Stress Tool 7. Hasil dari penelitian ini ialah berupa Integrasi Sistem Informasi E-Customer Order dengan ERP SAP R/3 yang sudah ada dan hasil dari validasi sistem dengan FGD diterima 100%, hasil pengujian sistem menggunakan Model ISO 9126 adalah baik dengan tingkat keberhasilan 82,32% serta pengujian menggunakan Software Testing Webserver Stress Tool 7 adalah berjalan dengan baik dan tidak terdapat error, sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap perusahaan dan pelayanan kepada pelanggan.

Kata Kunci:     E-Customer Order, Sistem Informasi, ERP SAP R/3, Customer Relationship Management (CRM), UML, FGD, ISO 9126, Software Testing.

Downloads

Published

2017-03-28

Issue

Section

Articles