Implementasi Penjualan Produk Tupperware Menggunakan Metode Assocation Rules Dengan Algoritma Apriori

Authors

  • Agung Nugroho STT Pelita Bangsa
  • Devi Suci Pamungkas STT Pelita Bangsa

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat seiring dengan berkembangnya dunia bisnis modern. Pelaku bisnis memiliki tantangan untuk mendapatkan pasar yang ada. Keberhasilan dan Kelancaran transaksi jual beli pada suatu toko atau perusahaan akan berdampak pada pendapatan toko tersebut. Maka dibutuhkan suatu strategi berupa informasi mengenai pola pembelian konsumen terhadap produk yang sering dibeli secara bersamaan untuk meningkatkan daya beli konsumen serta meningkatkan target yang ingin dicapai. Data mining mampu menganalisa data yang besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pendukung keputusan salah satu teknik data mining yg dapat digunakan yaitu Association rule dengan algoritma apriori. Metode ini dimulai dengan mencari Frequent itemset dengan perhitungan support dan confident dilanjutkan dengan pembentukan aturan-aturan Asosiasi, Dengan pengujian menggunakan WEKA maka didapatkan rule Eco Bottle 500 ml dan New Giant Tumbler memiliki keterkaitan dengan nilai confident paling tinggi yaitu 98%. Dari rule yang didapat yang dapat digunakan untuk penentuan paket produk.

Kata kunci : Data mining, assosiasi rule, Algoritma Apriori, Support, Confident, WEKA.

Downloads

Published

2018-03-03

Issue

Section

Articles