Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Metode Addie Berbasis Adobe Animate CC Pada Huruf Hijaiyah TKIT Yasmin Alkhoir

Authors

  • Sufajar Butsianto Universitas Pelita Bangsa
  • M. Makmun Effendi Universitas Pelita Bangsa
  • Asep Supriyanto Universitas Pelita Bangsa
  • Suratman Suratman Universitas Pelita Bangsa
  • Ahmad Fauzi Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Dengan adanya kurikulum merdeka sebuah instansi membutuhkan media baru yang lebih menarik dan membuat anak lebih aktif dalam proses belajar mengajar. TKIT Yasmin Alkhoir belum mempunyai media baru pada pergantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Sistem pembelajaran di TKIT Yasmin Alkhoir terutama pada materi huruf hijaiyah masih menggunakan metode konvensional dan menggunakan buku sebagai sumber pembelajaran. Dengan metode tersebut memungkinkan dapat menimbulkan masalah efesien dan kurang kondusif dalam waktu dan proses belajar pada anak. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di TKIT Yasmin Alkhoir dengan mengembangkan media pembelajaran menggunakan Adobe Animate CC sebagai media pembelajaran interaktif diharapkan dapat membantu Peserta Didik untuk meningkatkan semangat belajar anak dan membuat Peserta Didik menjadi lebih aktif saat proses belajar mengajar. Peneliti dapat menyelesaikan pembuatan aplikasi media interaktif berbasis Adobe Animate CC dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, design, development, implementasi, evaluasi). Pengujian aplikasi ini menggunakan metode angket dengan perhitungan skala likert. Presentase rata - rata menunjukan ke dalam kategori setuju pada hasil uji coba user dari pihak sekolah pada penelitian ini dapat menghasilkan perangkat lunak yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar pada huruf hijaiyah di TKIT Yasmin Alkhoir.

Kata Kunci : Pembelajaran Interaktif, Adobe Animate CC, ADDIE  (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation).

Downloads

Published

2023-09-30