Sentimen Analisis Data Twitter Terhadap Calon Wakil Presiden 2019 Sandiaga Salahuddin Uno
Abstract
Abstraksi
Media social twitter merupakan salah satu contoh media social yang digunakan masyarakat untuk saling berinteraksi satu sama lain. Twitter memberikan layanan kepada penggunanya untuk mengirim dan membaca tweets yang telah dibagikan,sehinggam masyarakat lebih memilih menuangkan opininya melalui media social dari pada menyampaikannya secara langsung .Opini masyarakat yang tertuang dalam media social twitter berupa sebuah persepsi,baik itu positif maupun negative. Melimpahnya opini masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai bahan penelitian untuk mencari sebuah informasi .Pemanfaatan informasi tersebut membutuhkan teknik analisis yang tepat sehingga informasi yang dihasilkan mampu membantu banyak pihak dalam mengambil keputusan .Penggunaan teknik dalam pengolahan data dapat diselesaikan teknik analisa sentiment atau opinion mining.Oleh sebab itu ,pada penelitian ini mencoba melakukan analisa sentiment untuk melihat persepsi masyarakat terhadap calon wakil presiden 2019 sandiaga salahudin unno dari partai gerindra pada media social twitter menggunakan metode Naïve Bayes Classifer dengan mengklasifikasikan sentimen menjadi positif,negative dan netral.
Kata Kunci: Analisa Sentiment,Naïve Bayes Classifier,Persepsi,Twitter