Penerapan Knowledge Management System (Kms) Pada Pt Y-Tec Autoparts Indonesia Bagian Quality Control Dengan Menggunakan Seci Model
Abstract
Abstraksi
Di PT Y-TEC AUTOPARTS INDONESIA produksi belum mengetahui secara detail tentang kriteria part yang NG bisa menjadi OK dan bisa dilakukan pengiriman ke proses selanjutnya. SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) model merupakan bagian proses dari Knowlegde Management (KM) tentang bagaimana caranya untuk membagi ilmu dari satu orang ke banyak orang. Dengan ada nya pembagian pengetahuan yang dilakukan oleh bagian QC ke bagian Produksi lewat perantara aplikasi berbasis web, ini memudahkan pihak produksi untuk melakukan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Analisa masalah dilakukan dengan Teknik Analisa PEST (Political, Economi, Social, Technology). Kemudahan penggunaan aplikasi dan manfaat terhadap aplikasi, diuji dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptnce Model) yang dimana pengujian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil pengujian, kemudahan aplikasi (perceived ease of use) memiliki nilai rata-rata 4.17 dan manfaat perpindahan informasi dengan SECI model (Perceived Usefulness) memiliki nilai rata-rata 4.11. Dengan nilai tersebut, memenuhi syarat untuk pengujian tepat guna dalam sebuah aplikasi, yang artinya penerapan Knowledge Management dengan menggunakan SECI model bisa diterapkan pada PT Y-TEC AUTOPARTS INDONESIA.
Kata Kunci: Knowledge Management, SECI Model, PEST, TAM, SPSS