ANALISA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA GALERI ELZATTA CIKARANG

Authors

  • Donny Maulana STT Pelita Bangsa
  • Maryatul Kiptiyah STT Pelita Bangsa

Abstract

Elzatta merupakan nama dari sebuah brand hijab Indonesia yang bergerak dibidang fashion muslimah, menciptakan berbagai produk fashion hijab dan pernak- perniknya yang berkualitas seperti kerudung, gamis, tunik dan aneka aksesoris lainya. Salah satu cabang Elzatta yang berada dicikarang, data penjualan pada Galeri Elzatta cikarang selama ini tidak tersusun dengan baik belum dimanfaatkan secara optimal, proses kegiatan penjualan terus berjalan data yang dihasilkan semakain lama akan semakin bertambah, data tersebut hanya sebagai arsip saja tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga tidak memiliki nilai guna untuk dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu perlu dilakukan suatu analisa menggunakan data mining guna menghasilkan informasi dalam meningkatkan penjualan pada Galeri Elatta. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pola pembelian konsumen dengan mencari keterkaitan item yang keluar bersamaan, dengan Metode data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode assosiasi rule. Assosiation rule merupakan salah satu teknik data mining dari algoritma apriori yang berfungsi untuk mencari hubungan antara produk pada keranjang belanja konsumen. Proses yang dilakukan untuk mengolah data dalam penelitian ini mengggunakan Tools RepidMiner, dari pengujian yang dilakukan dengan parameter yang ditentukan yaitu minimum support 20% dan minimum confidence 50% menghasilkan 2 aturan/rule validasi lift ratio sebesar 1.11. Dan Inner Kepala Kerudung dengan support 28,33% dan confidence 70,83% dengan validasi lift ratio sebesar 1.03. analisa data transaksi penjualan dapat diterapkan dengan baik, dan mampu menghasilkan suatu aturan asosiasi baru dari dataset transaksi penjualan, yaitu berupa kombinasi produk yang dibeli konsumen

Published

2019-12-29