ANALISIS DAN PENERAPAN METODE KLASTERISASI MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN ORDER PRODUK PADA PT. ARTHA UTAMA PLASINDO

Authors

  • A. Yudi Permana STT Pelita Bangsa
  • Muhtadin Muhtadin STT Pelita Bangsa

Abstract

Pemasaran dalam dunia perusahaan pada akhirnya menciptakan produk kepada konsumen di pasar. Penciptaan serta penyediaan produk tersebut didasarkan pada kebutuhan dan keinginan customer. PT. Artha Utama Plasindo adalah perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur injection molding part (komponen berbahan plastik) dan menjadi vendor dari berbagai macam customer baik dalam bidang manufaktur otomotif maupun elektronik. Salah satu customer besar dari PT. Artha Utama Plasindo adalah PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM), namun pada kenyataannya di lapangan masih sering terjadi kendala dalam proses produksi maupun persediaan barang untuk customer YIMM tersebut. Diantara permasalahannya adalah terjadinya over capacity pada gudang penyimpanan serta banyaknya produk yang shortage maupun lebih quantity. Pada penelitian ini, peneliti akan memanfaatkan data customer order pada PT. Artha Utama Plasindo dengan menggunakan algoritma K-Means dalam penerapan klasterisasi yang diharapkan dapat menentukan tingkat pesanan produk PT. Yamaha Motor Indonesia Mfg pada PT. Artha Utama Plasindo untuk memberikan alternatif solusi terhadap kondisi permasalahan yang terjadi. Dalam penelitian ini untuk kategori klaster dibuat menjadi 3 cluster, yaitu tinggi untuk produk High Demand, sedang untuk produk Medium Demand, dan rendah untuk produk Low Demand. Hasil klasterisasi dari 33 record data yang dijadikan data training, ada sebanyak 5 produk yang masuk klaster pertama (tinggi), kemudian 6 produk di klaster kedua (sedang) dan 22 produk masuk dalam klaster ketiga (rendah).

Published

2019-12-29