PREDIKSI PENJUALAN KARTON DUS SUSU CHIL MIL DENGAN PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORIMA METODE C4.5

Authors

  • U. Darmanto Soer STT Pelita Bangsa
  • Mustijah Mustijah STT Pelita Bangsa

Abstract

Penjualan merupakan hal yang sangat penting di dalam perusahaan, namun tidak mudah bagi marketing untuk mengetahui seberapa laku tidaknya produk dalam perusahaan setiap periode dengan begitu banyak data yang ada. Selama ini banyak data yang besar di sebuah perusaahan khususnya dalam bidang penjualan yang belum dapat diolah dimaksimalkan dengan baik, Jika data tersebut dapat dimanfaatkan maka dapat digunakan untuk membantu marketing dalan penjualan produk. Panggilan data dalam jumlah yang besar biasa disebut data mining. Data ini diuji dengan dua algoritma yaitu decision tree dan prediksi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil penjualan setiap tahun produk apa yang laku dipasaran dan memprediksi penjualan. Dari pengujian ini memperoleh dengan hasil akurasi 90,29% precision mendapatkan nilai 91,67%, Recall 88%. Hasil dari perhitungan rapidminer adalah dengan prediksi lebih dari 19.500 lembar laku dan kurang dari 1.500 lembar tidak laku.

Published

2019-12-29