IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN DI PT DONG SUNG TOOLS
Abstract
PT Dong Sung Tools Indonesia pada tahun 2019 menghasilkan frekuensi transaksi penjualan sebanyak 7049 selama 6 bulan yaitu dari bulan Januari sampai Juni. Data transaksi semakin lama akan semakin besar, Dengan transaksi sebanyak itu peneliti menemukan kekurangan dalam kegiatan transaksi di PT Dong Sung Tools. Masalah-masalah yang muncul diantaranya, penyediaan produk yang kurang baik atau tidak tersedianya safety stock mengakibatkan customer merasa kecewa ketika produk yang mau dibeli tidak ada stok. namun data tersebut tidak berguna jika tidak dikelola dan dianalisis secara konsisten. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan algoritma apriori pada teknik Association rule mining mampu memberikan suatu informasi dan pengetahuan baru yang berupa rule atau pola aturan pesanan produk pada data transaksi penjualan.Metode yang digunakan yaitu data mining dengan teknik Association rule menggunakan algoritma Apriori. Proses ini menghasilkan 2 pola yang terbentuk dengan nilai yang memenuhi minimum support dan minimum confidence. Menggunakan teknik Association rule untuk analisis data transaksi penjualan dapat diterapkan dengan baik dan penggunaan algoritma apriori mampu menghasilkan suatu aturan asosiasi baru dari dataset transaksi penjualan.