IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SURAT BERBASIS WEBSITE PADA KANTOR DESA SUKASARI KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Wahyu Hadikristanto STT Pelita Bangsa
  • Nita Paramita STT Pelita Bangsa

Abstract

Kebutuhan akan informasi sangat diperlukan sekali dalam memberikan pelayanan terhadap suatu instansi pemerintahan. Karena informasi ini dianggap sebagai salah satu acuan dalam suatu instansi pemerintahan untuk mencapai tujuan. Pada Kantor Desa Sukasari mulanya pelayanan masyarakat kependudukan dilakukan dengan cara manual seperti, Staf yang mengurus persuratan membuka komputer mencari file microsoft office word surat yang akan dibuatkan, mengisi kembali file master salah satu surat. Tidak hanya itu, pengarsipan surat masuk dan keluar pun masih dilakukan secara manual dengan mencatat data surat masuk pada buku, sehingga jalannya sistem kurang efisien. peneliti merasa perlu diperlukan adanya sebuah sistem yang terintegrasi dengan basis data agar dapat membantu meningkatkan proses pelayanan masyarakat, khususnya dalam pembuatan surat-surat kependudukan dan pengarsipan surat masuk dan pengarsipan surat keluar. Sistem Pengelola Surat ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) dan MySql sebagai database. Pengembangan sistem informasi ini dilakukan dengan menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language). Pada akhirnya sistem ini diharapkan akan memberikan kemudahan bagi pegawai dalam pengelolaan surat di kantor desa Sukasari

Published

2019-12-29