PENERAPAN KONSEP ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN PRODUK FURNITURE DI CV. METROPOLITAN MITRA UTAMA

Authors

  • Yoga Religia STT Pelita Bangsa
  • Nurrohariah Nurrohariah STT Pelita Bangsa

Abstract

Saat ini untuk setiap data transaksi penjualan di CV. Metropolitan Mitra Utama banyak mengalami peningkatan dan data tersebut tersimpan dalam jumlah yang sangat banyak. Banyaknya data tersebut dapat mempengaruhi banyaknya barang yang dibeli oleh komsumen. Untuk meminimalisasi banyaknya data yang tersimpan dalam jumlah yang sangat besar maka, data tersebut dapat dimanfaatnya untuk melihat jenis barang yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Data tersebut dapat digunakan sebagai referensi produsen dalam memperbanyak jumlah barang yang banyak diminati. Cara melihat hubungan diantara item tersebut dapat dilakukan proses data mining dengan analisis asosiasi menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori dapat mengetahui atutan kemungkinan seorang pelanggan membeli Kasur royal c dan secara bersamaan membeli juga membeli unit lemari b. pengetahuan tersebut dapat digunakan produsen untuk memperbanyak barang yang diminati konsumen. Aturan tersebut didapat dari jumlah item dan support yang ditentukan. Support tersebut merupakan jumlah item pada setiap transaksi yang ada di dalam basis data. Sedangkan nilai confidence berpengaruh terhadap jumlah aturan yang didapat melalui proses asosiasi. Nilai confidence ditentukan dari nilai support suatu aturan dalam sebuah transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan parameter minimum support sebesar 10% dan minimum confidence sebesar 50%, menghasilkan 3 aturan asosiasi dengan kombinasi item terbesar sampai 2 itemset

Published

2019-12-29