Penerapan Metode Analitic Hierarchy Process (AHP) Dalam Mendukung Keputusan Untuk Memilih Peminatan Bagi Mahasiswa STMIK Bani Saleh

Authors

  • Ramdani Ramdani

DOI:

https://doi.org/10.37366/sigma.v7i2.74

Abstract

Abstrak

 

Kurikulum perguruan tinggi mencakup berbagai jenis mata kuliah. Sebuah jurusan atau program studi tertentu memiliki struktur kurikulum yang disusun sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Pada sebuah jurusan atau program studi, kurikulum untuk mata kuliah biasanya terdapat mata kuliah yang wajib  untuk diambil serta ada mata kuliah khusus untuk peminatan. Peminatan biasanya diambil berdasarkan bidang peminatan seorang mahasiswa pada jurusan tersebut. Namun tidak semua peminatan tersebut akan diambil oleh seorang mahasiswa.

Banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa memilih peminatan, faktor kepentingan dan ketertarikan mahasiswa terhadap sebuah peminatan atau bahkan mungkin factor pengajarnya serta factor nilai akademik yang mereka dapat.

Decision Support System berbasis Analityc Hierarchy Process (AHP)  merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi hal ini, karena dengan metode ini diharapkan mahasiswa dapat membuat keputusan dalam hal pengambilan mata kuliah peminatan. Sehingga mahasiswa merasa yakin dan sesuai dengan keinginan peminatannya tersebut.

Kata Kunci : AHP, Peminatan, Mata Kuliah, Decision Support

Downloads

Published

2016-03-30