Pemanfaatan Blog (Jurnal Online) Dalam Pembelajaran Menulis

Authors

  • Budi Budi

DOI:

https://doi.org/10.37366/sigma.v7i1.79

Abstract

Abstrak

Pada saat ini, perkembangan Teknologi dan Informasi Komunikasi (TIK) di  berbagai bidang sangatlah pesat dan dilihat sebagai suatu keperluan dan juga  kesempatan. Pada bidang pendidikan bahasa Inggris, misalnya, perkembangan  TIK dapat memberikan dimensi baru kemampuan literasi bagi pembelajar;  TIK mampu memberikan kesempatan berkreasi bagi penulis-penulis muda.  Kemampuan menulis yang baik sangatlah penting bagi pembelajar kelak. Untuk mulai menulis, pembelajar bisa mulai dari sesuatu yang sederhana dan  informal, misalnya jurnal/diari kegiatan sehari-hari. Namun, pembelajaran  menulis saat ini masih dirasakan konvensional dimana pengajar masih sering  menyuruh pembelajarnya membuat suatu tulisan langsung tanpa proses  menulis. Seringkali topik yang diberikan terbatas sehingga kurang menarik,  tidak menantang eksplorasi, kehilangan unsur inovasi dan kreasi. Blog adalah  sebuah jurnal online dimana pembelajar bisa menulis apapun yang menurut  mereka menarik, mengeditnya, mempublikasikannya, dan bahkan  membuatnya menjadi media agihan (sharing) bagi semua yang terlibat  didalamnya.

Kata kunci: Blog, Pembelajaran Menulis

Downloads

Published

2015-09-30

Issue

Section

Articles