Algoritma Runut Balik (Backtracking) Dengan Metode Welch-Powell Untuk Pembukaan Mata Kuliah Bagi Mahasiswa Semester Akhir

Authors

  • Aswan Supriyadi Sunge

DOI:

https://doi.org/10.37366/sigma.v7i1.91

Abstract

Abstrak

Lulus kuliah tepat waktu adalah pencapaian target yang harus dicapai baik oleh mahasiswa maupun lembaga kampus. Semakin lama mahasiswa lulus kuliah maka semakin berat beban baik secara mental maupun materiil. Salah satu penyebab dari kelulusan kuliah yang tidak tepat waktu adalah kurangnya strategi mahasiswa dalam mengambil paket-paket mata kuliah yang ditawarkan di semester terdahulu. Awalnya karena semua mata kuliah semester Ganjil-Genap dibuka dan ditawarkan ke mahasiswa, sehingga mahasiswa bisa bebas memilih mata kuliah. Ini menyebabkan mereka mengambil mata kuliah semester secara acak.

Setelah adanya perubahan peraturan bahwa pembukaan mata kuliah harus sesuai periode akademik aktif (periode Ganjil hanya mata kuliah semester ganjil saja yang dibuka begitu pula sebaliknya), maka berimbas pada saat semester akhir ternyata banyak dari mereka meminta beberapa mata kuliah untuk dibuka, karena apabila tidak diambil maka kelulusan mereka tidak akan mencapai target yaitu 8 semester.

Kata kunci : pembukaan mata kuliah, heuristic, Bactracking.

Downloads

Published

2017-03-30

Issue

Section

Articles