This is an outdated version published on 2022-12-22. Read the most recent version.

Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Era Globalisasi

Authors

  • Azimatur Rahm Universitas Pelita Bangsa
  • Neng Wifda Nurfadilah Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Profesionalisme, Guru, PAUD

Abstract

Pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikan diartikan sebagai suatu kegiatan yang terbentuknya kepribadian peserta didik. Dalam hal ini, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,dalam masyarakat, bangsa dan negara. Dalam hal ini, pendidikan yang terencana dan terarah sejak usia dini diberbagai lembaga pendidikan anak usia dini. guru PAUD adalah orang yang melaksanakan berbagai paket upaya peningkatan mutu dan inovasi pendidikan, yang bertangggung jawab langsung dalam penyelenggaraan paud. Adapun guru PAUD yang profesional secara umum memiliki tugas utama untuk: mendidik; membimbing;  mengarahkan;  melatih;  menilai;  mengevaluasi peserta didikpada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Published

2022-12-22

Versions

Issue

Section

Articles