Studi Kontribusi Media Pembelajaran Anak Usia Dini Terhadap Pendidikan Jarak Jauh

Authors

  • Dwiyani Anggraeni Universitas Pelita Bangsa
  • Azi Matur Rahmi Universitas Pelita Bangsa
  • Ani Maryani Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

media pembelajaran, anak usia dini, pembelajaran online

Abstract

Covid-19 adalah suatu cobaan besar bagi seluruh negara di dunia pada
tahun ini, termasuk negara indonesia. pandemi covid-19 menimbulkan
banyak kerugian besar pada infrasruktur ekonomi, kesehatan dan juga
bidang pendidikan. Salah satu cara untuk mengurangi dan mencegah
penyebaran covid-19 maka direktorat pendidikan tinggi kementrian
pendidikan dan kebudayaan (kemendibud) menginstruksikan agar
semua kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan pendidikan
jarak jauh dan meminta peserta didik belajar dari rumah. Pada
penelitian ini penelitian diarahkan kepada peran media pembelajaran
bagi anak usia dini yaitu kelompok anak yang berada pada usia baru
lahir sampai usia 8 tahun yang memiliki karakteristik bersifat aktif,
energik, spontan, egosentris, memiliki rasa ingin tahu, imajinasi dan
berjiwa petualang serta memiliki rentang perhatian yang pendek pada
proses pendidikan jarak jauh yaitu suatu pembelajaran baru yang
merupakan peralihan dari kurikulum baku kepada pembelajaran yang
disesuaikan dengan kebutuhan siswa, terdapat pemisahan jarak antara
guru dan siswa sehinga dibutuhkan bantuan satu atau lebih media yang
dapat menciptakan komunikasi antara guru dan siswa.Fokus penelitian
diarahkan kepada konstribusi atau peranan media pembelajaran bagi
anak usia dini selama masa pendidikan jarak jauh. Media pembelajaran
disesuaikan dengan karakteristik yang dimiliki oleh anak usia dini
sehingga media pembelajaran dapat menjadi alat bantu untuk
menciptakan komunikasi antara guru dan siswa.Penelitian yang
diterapkan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif adalah
sebuah penelitian yang memaparkan data penelitian secara ringkas dan
sederhana dalam bentuk kata-kata dan bahasa untuk mendeskripsikan
hubungan sebab akibat antar variabel penelitian. Perhitungan statistik
hanya diarahkan pada Mean (rata-rata) dan presentase (modus). Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei.
Populasi dalam penelitian ini adalah para guru TK dan PAUD di
Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode Kuesioner. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa
guru PAUD merasa sangat terbantu dengan adanya beberapa jenis
media audio, visual dan audio visual yang dapat digunakan guru untuk
membuat aktifitas fisik yang menyenangkan, memilih materi ajar yang
menarik dan mudah dipahami siswa dan dapat membantu guru untuk
memberikan pemahaman materi kepada siswa sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai.

Published

2021-01-12