Metode Pengenalan Bangun Geometri Anak Taman Kanak - Kanak Adzkia Plus Padang

Authors

  • Azi Matur Rahmi Universitas Pelita Bangsa
  • Dwiyani Anggraeni Universitas Pelita Bangsa
  • Miftah Wangsadanureja Universitas Pelita Bangsa
  • Ari Widiastuti Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Metode, Pengenalan, Bangun Geometri Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode mengenal
bangun geometri anak di Taman Kanak-kanak Adzkia Plus Padang.
Indikator dalam penelitian ini adalah mampu menyebutkan nama, mampu
menunjukkan, dan mampu mengelompokkan bangun geometri meliputi
persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, segilima, layang-layang, belah
ketupat, trapesium, jajar genjang, kubus, balok, kerucut, bola, limas, dan
tabung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengenalan
geometri pada pada anak yaitu melalui kegiatan pembelajaran: 1)
mengenal bentuk geometri, 2) membuat bentuk geometri, 3) membuat
berbagai bangunan dengan mentuk geometri. Dan dapat disimpulkan
bahwa metode yang digunakan guru Taman Kanak-kanak Adzkia Plus
Padang sangat baik

Downloads

Published

2021-01-14