Berfikir Komputasi di PAUD : Studi Pendahuluan Sikap dan Keyakinan Guru
Keywords:
Sikap dan Keyakinan, Berfikir Komputasi, Guru PAUD, SurveiAbstract
Studi ini mengeksplorasi sikap dan keyakinan guru PAUD
terhadap berfikir komputasi anak. Metode penelitian yang
digunakan adalah survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner
sikap dan keyakinan guru PAUD terhadap berfikir komputasi.
Sampel terdiri dari 118 guru PAUD. Temuan menunjukkan bahwa
sikap dan keyakinan guru PAUD terhadap berfikir komputasi cukup
baik. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara guru pra sekolah
dan taman kanak-kanak (TK). Latar belakang pendidikan dan tahun
pengalaman tidak mempengaruhi sikap dan keyakinan guru.
Ditemukan juga tidak ada perbedaan yang signifikan berdasarkan
minat. Implikasinya adalah pengembangan profesi guru dan
pengembangan mata kuliah di perguruan tinggi