Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Pengembangan Kurikulum PAUD

Authors

  • Yossi Srianita Universitas Pelita Bangsa
  • Dwiyani Anggraeni Universitas Pelita Bangsa
  • Reska Mulyani Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kepala Sekolah, Supervisor, Pengembangan Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peran
kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode studi Studi Deskriptif. Data penelitian
diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah menjalankan peran
sebagai supervisor sekaligus pemimpin perubahan dalam lembaga
pendidikannya, (2) Kurikulum bersifat dinamis dimana satuan pendidikan
memiliki otonomi dalam pengembangan kurikulumnya,(3) Kepala sekolah
memiliki peran yang strategis dalam proses pengembangan kurikulum.

Downloads

Published

2021-07-15

Issue

Section

Articles