Implementasi Pengenalan Istilah-istilah Agama Islam Melalui Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Miftah Wangsadanureja Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Anas Bin Al - Muhsin Universitas Pelita Bangsa
  • Ika Juhriati Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kosa Kata, Istilah, Bahasa Arab, Nilai Agama, Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengenalan istilah-istilah agama Islam melalui pembelajaran kosakata Bahasa Arab terhadap peningkatan pemahaman nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini. Adapun kosakata yang dimaksud adalah kosakata Bahasa Arab dasar, seperti; sholat, wudhu, tayamum, dan yang lainnya sehingga dapat memahamkan nilai-nilai agama kepada anak-ana sejak usia dini. Dasar penelitian ini adalah bahwasannya pengetahuan isitlah-istilah bahasa Arab pada anak usia dini melalui pembelajaran kosa kata bahasa Arab yang menyenangkan dapat membentuk pemahaman siswa usia dini terhadap nilia-nilai agama yang harus dijalankannya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Chost, yang diawali dengan mengungkapkan sebuah masalah penelitian, hipotesis tindakan, kemudian hipotesis tersebut diuji melalui empat tahapan, (a) Plan (perencanaan), (b) Act (pelaksanaan), (c) Observer (pengamatan), (d) Reflect (refleksi). Proses pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, catatan lapangan dan tes. Untuk mengetahui tingkat reliabilitas tes, maka dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Kuder Richardson (KR-20). Setelah dilakukan uji validasi dan uji reliabilitas, dinyatakan bahwa instrumen tes sangat reliabel dan valid. Data kualitatif divalidasikan melalui tringulasi data yang mencakup empat cara yaitu; kredibilitas, transferabilitas, dependibilitas, dan konfirmabilitas. Hasilnya, pemahaman nilai-nilai agama pada anak usia dini di TK Al-Hasanah Cikarang Utara mengelami peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata pada pra siklus adalah 55,27 kemudian pada siklus pertama skor keterampilan membaca rata-rata naik menjadi 86,02. Nilai rata-rata meningkat kembali pada siklus kedua, yaitu 91,16. Ini membuktikan bahwa implementasi pengenalan isitilah-istilah agama Islam melalui pembelajaran kosakata bahasa Arab dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama pada anak usia dini sangat efektif.

Downloads

Published

2021-07-16

Issue

Section

Articles