PENGENALAN DAN PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI PONDOK PESANTREN QURAN AL-LATHIFAH CIKARANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpp.v2i1.3198Keywords:
Artificial Intelligence, Pondok Pesantren, Komptensi GuruAbstract
Bersaing dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan rekayasa merupakan masalah pendidikan Indonesia secara keseluruhan, khususnya pondok pesantren. Di era digital yang terus berkembang ini terbukti jika pondok pesantren mempertahankan metode pembelajaran konvensional tanpa mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga pesantren tidak akan mampu bersaing dan menjawab setiap hambatan dalam arus ilmu pengetahuan dan teknologi (digital). Namun, jika pesantren mampu memadukan keduanya maka akan tercipta generasi yang berkarakter, beriman, cerdas dan siap menghadapi segala tantangan ilmu pengetahuan atau teknologi yang mungkin diberikan dunia di era digital ini. Pengenalan dan penerapan AI dalam pondok pesantren dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pendidikan Islam. Dengan pelatihan, pengembangan konten digital, dan pengukuran hasil yang baik, AI dapat membantu mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik di pondok pesantren, yang merupakan pusat pendidikan Islam yang penting di Indonesia. Pengenalan dan penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pendidikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kompetensi guru di pondok pesantren. Karena pada dasarnya, perpaduan AI dan pendidikan ini berfokus pada kebutuhan setiap individu melalui fitur-fitur seperti game yang disematkan AI dan program yang disesuaikan. Selain itu, solusi yang didukung oleh AI dapat menganalisis riwayat pembelajaran siswa sebelumnya, mengidentifikasi kelemahan, dan menawarkan kursus yang paling sesuai untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan memberikan banyak peluang. Analisis ini memungkinkan guru untuk membuat program pembelajaran terbaik untuk semua siswa. Dengan menganalisis kebutuhan khusus setiap siswa, guru dan profesor dapat menyesuaikan kursus mereka untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan sebelum siswa tertinggal terlalu jauh.
References
A’la, Abdul. Pembaharuan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren (eLKIS), 2006.
Humairoh, dkk., Workshop Fundamental Artificial Intelligence Dalam Kegiatan Penguatan Kompetensi Digital Bagi Guru dan Siswa SMK Budi Karya Natar Lampung Selatan, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), Vol. 3, No. 2, Maret 2023. https://jamsi.jurnal-id.com/index.php/jamsi/article/view/729
DOI: https://doi.org/10.54082/jamsi.729
Ahmad Jaenuddin, dkk., Literasi Digital Sebagai Penguatan Kompetensi Profesional Guru di Abad-21, Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, Vol. 1 No. 2, Maret 2021. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPSI/article/view/23799
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v1i2.68-77
S. Sahara, . M. . Ilmi, and R. Y. B. . Silalahi, Pendampingan Edukasi Cerdas Menyikapi Tren AI (Artifial Intelligence) dalam Dunia Pendidikan, j.penelit.pengabdi.masy., vol. 1, no. 4, pp. 354–364, Nov. 2023. https://sunanbonang.org/index.php/jp2m/article/view/169
DOI: https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i4.169
Cindy Mutia Annur, Indonesia, Negara Paling Optimistis akan Manfaat Teknologi AI, databooks, [Online]. Tersedia:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/03/indonesia-negara-paling-optimistis-akan-manfaat-teknologi-ai [Diakses 05 Desember 2023]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pelita Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.