Implementasi English Fun Learning Untuk Siswa SMP Ahmad Yani Sukorame Lamongan Jawa Timur

Penulis

  • Fais Wahidatul Arifatin Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i1.2062

Kata Kunci:

Implementasi, Pembelajaran, English, Fun Learning

Abstrak

Pengabdian Masyarakat ini merupakan kolaborasi antara tim dosen Universitas Muhammadiyah Lamongan dan mahasiswa kampus mengajar angkatan 4, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan kolaborasi dari berbagai universitas Negeri maupun swasta. PkM ini berlangsung di SMP Ahmad Yani Sukorame Lamongan provinsi Jawa Timur, di sekolah ini terdapat 40 siswa untuk kelas 7, 8 dan 9. Dari hasil survei dan observasi ditemukan bahwa minat belajar bahasa asing terutama bahaa Inggris sangat rendah karena Bahasa Inggris dirasa sulit dan tidak menyenangkan. Karena hal tersebut tim PkM berfokus pada English Fun Learning atau pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan. Dimana tim PkM terdiri dari dosen dan mahasiswa prodi Bahasa inggris sehingga paham betul bagaimana menghidupkan kelas yang menyenangkan. English Fun Learning ini menggabungkan media pembelajaran secara tradisional dan teknologi. Seperti menggunakan lagu berbahasa inggris untuk melatih pronounciation juga listening, penggunaan kahoot untuk pembelajaran grammar, juga bermain game untuk mengasah keaktifan dan kreatifitas siswa. PkM berlangsung selama 1 Semester dari bulan Agustus hingga Desember tahun 2022. Kedatangan tim PkM dosen dan mahasiswa memberikan warna baru untuk siswa dan guru SMP Ahmad Yani Sukorame.

Referensi

Anggraini, N. (2019). Exploring Young Learners Teachers Competency and Challenges in Teaching English. Wiralodra English Journal (WEJ), 3(1), 229–238. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/wej.v3i1.44

Husain, Ali, Badu. (2022). Strategi Kegiatan Literasi dengan Tema “Fun Learning” untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris pada Anak. 1(2), 10–15.

Irhani Asmin, A. (2022). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Implementasi Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Untuk Siswa Sd Negeri 49 Mappatongko Palopo. 2, 79–85.

Kong, Y. (2009). A Brief Discussion on Motivation and Ways to Motivate students in English language Learning. International Education Studies, 2(2), 145–149.

Larasaty, G., Anggrarini, N., & Efendi, N. (2022). “ Fun English” sebagai Kegiatan dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Indramayu. Room of Civil Society Development, 1(2), 96–102. http://www.rcsdevelopment.org/index.php/rcsd/article/view/35/23

Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Islam, 2(1), 389–400.

Prayitni, I. (2019). Teaching English for Young Learners. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2), 106–110.

Rofi’ah, S., Widiarini, Suharto, R. P., & Makrifah, I. A. (2021). Studi Kegiatan Fun with English Siswa Kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Nahdatul Ulama Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 3(2), 116–129.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-20

Terbitan

Bagian

Articles