Pendampingan Untuk Menyukseskan Program Pemerintah Sekolah Penggerak dengan Perpustakaan Digital di SDIT ANNIDA Cikarang Selatan.
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpp.v1i2.2499Kata Kunci:
Digitalisasi, Perpustakaan, Literasi, SDM, AksesibilitasAbstrak
Setelah menteri pendidikan meluncurkan merdeka belajar episode ke 7 program sekolah pengerak pada 2 februari 2021 silam, banyak sekolah baik itu negeri maupun swasta yang ikut ambil bagian dalam program sekolah penggerak ini. SDIT ANNIDA sebagai salah satu sekolah penggerak yang berlokasi di kecamatan Cikarang Selatan. Sekolah penggerak berfokus pada pengembangan SDM sekolah baik itu murid, guru maupun kepala sekolahnya. Sebagai sekolah penggerak SDIT ANNIDA berupaya merealisasikan program-program yang diberikan oleh pemerintah salah satunya digitalisasi platform pendidikan yang ada. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk membantu menyukseskan program sekolah penggerak SDIT ANNIDA melalui pendampingan dalam penggunaan perpustakaan digital. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini bersifat kontekstual yang diawali dengan pengumpulan data, analisis data, perancangan dan pembuatan aplikasi perpustakaan digital, pendampingan implementasi aplikasi perpustakaan digital, monitoring dan evaluasi hasil kegiatan serta pembuatan laporan.Luaran target yang hendak dicapai dalam kegiaan ini antara lain 1)Meningkatkan aksesibilitas dan literasi digital. 2) Meningkatkan ketersediaan sumber daya.3)Mengurangi biaya.4) Meningkatkan interaksi dan keterlibatan SDM yang ada.5) Menyediakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.6) Sukses dalam merealisasikan program penggerak.
Referensi
Dana, Timotius, Samosir, Desy Harlina dan I Made, Widiyasa. 2008. Pengembangan Digital Library Perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta. Retrieved April 30, 2014 from https://www.academia.edu/4581759/PENGEMBANGAN_DIGITAL_LIBRARY_PERPUSTAKAAN_UNIVERSITAS _ATMAJAYA_YOGYAKARTA
Ikhwan, Arief. 2004. Konsep dan Perancangan dalam Automasi Perpustakaan. Retrieved
April 30, 2014 from http://eprints.rclis.org/11346/1/Konsep_dan_Perencanaan_dalam_Automasi_Perpustakaan
Siroj, H. A., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat
Baca Siswa Kelas V di SDN 1 Dasan Tapen Tahun Pelajaran 2021 / 2022. 7(3), 1049–1057.
Zutiasari, I., Putri Kurniasari, I., Fikri, A., Umiyah, K., & Nur Rahmawati, S. (2021). Pojok
Baca Digital: Media Penunjang Aktivitas Belajar Masa Pandemi Covid-19.
DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i1.35
Ariani F. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Framework for the Application System Thinking (Fast). Inti Nusa Mandiri [Internet].2019 Jul; 4(1): 21-6. Available from: https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/577
Saragih SP, Silalahi M. Implementation of Digital Libraries in Book Management and Donation in the Nyala Aksara Community. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) [Internet]. 2023 Jan; 8(1): 113-22. Available from: https://doi.org/10.24114/cess.v8i1.41698
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pelita Pengabdian
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.