Pelatihan dan Pendampingan Asessment Pada Kurikulum Merdeka Tingkat Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpp.v1i2.2560Kata Kunci:
Asessment, Kurikulum MerdekaAbstrak
Asessment dalam Pendidikan tidak terpisahkan untuk mengukur semua aspek dari yang telah diajarkan guru di kelas. Latar belakang dari tulisan ini adalah perlunya pelatihan kepada guru-guru di Sekolah Dasar dalam melakukan assessment Kurikulum Merdeka. Tujuannya adalah melatih dan mendampingi assessment Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar dalam kegiatan belajar mengajar di setiap fasenya.Metode menggunakan pelatihan, Adapun dari hasil kegiatan tersebut adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan guru dalam pelaksanaan assessment pada Kurikulum baru Merdeka. Kesimpulan dari implikasinyay adalah sebagai awal para guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman assessment Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.
Referensi
N. K. &. H. H. Nabilah et al, "Indentifikasi Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penialaian Auntentik pada Kurikulum 2013 di SDN Cakranegara," Ilmiah Profesi Pendidikan, pp. 6(4), 617-622, 2021.
Hastuti S & Marzuki I, "Model asesmen alternatif dalam evaluasi pembelajaran di era," Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, vol. 3(1), pp. 223-227, 2021.
M. Sumardi, "Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. Deepublish.," Deeppublish, pp. 332-338, 2020.
E. R. Slavin, Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks, Jakarta: INdeks, 2011.
P. Iryanti, Penilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Direktorat Pusat Pendidikan Dasar, Yogyakarta: Direktorat Pusat Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika., 2004.
A. Wildan, "Implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer," Jurnal Pendidikan Isllam., pp. 13-22, 2022.
N. S. Enggarwati, "(Kesulitan Guru SD Negeri Glagah dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013," Basic Education, pp. 67-74, 2015.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pelita Pengabdian
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.