Pendampingan Membaca Melalui Gerakan Literasi Untuk Meningkatkan Karakter Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpp.v2i1.3916Kata Kunci:
Membaca, Literasi, KarakterAbstrak
Peneliti dan mahasiswa memusatkan kegiatan di SDN 03 Nagasari sebagai tembat Pendidikan literasi. Pendekatan dalam pengabdian ini adalah pendampingan membaca melalui literasi. Untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul. Sumber data penelitian ini adalah hasil dari penyelenggaran literasi terhadap pembentukan karakter pada siswa-siswi SDN Nagasari 03. Adapun hasilnya dilihat dalam jumlah persentase kelima karakter yang telah ditentukan. Literasi pada dasarnya dapat meningkatkan minat baca, tulis dan kemampuan berbahasa. Selain itu, peneliti meneliti apakah dampak tersebut mempengaruhi 5 karakter yaitu diantaranya adalah religious, mandiri, gotong royong, nasionalis dan integritas yang mencakup komponen-komponen juga. Yang pada akhirnya menghasilkan peningkatan karakter ini sebanyak 20% pada religious, mandiri 35%, gotong royong 64%, nasionalis 25% dan integritas 45% yang telah dilakukan selama 3 hari berturut-turut.
Referensi
S. Purwati, "Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek," Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Vols. 3(4),, p. 663–670., 2017.
Gibbons, Learning to Learn in a Second Language, e. Australia: Heinemann Portmourth NH. , 1993).
L. Morrow, " Relatioship Between Literature Programs, Library Corner," Journal of Education Research, vol. 75(6), pp. 339-344., 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta., 2009.
Setiadi, "SURVEI IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI BACA," Damhil Education Journal, vol. 3(2), pp. 58-62, 2023.
Rohman, "Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi," EUNIA, vol. 2(1), pp. 40-47, 2022.
Wahyu Kurniawan, Anam Sutopo, Minsih, "Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura," urnal.pakmas, vol. 1(1), pp. 37-42, 2021.
Dini Aprilia Anjani, Deni Chandra, Agus Ahmad Wakih, "Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Rawa," JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, vol. 2(2), pp. 71-78, 2023.
Hadiyanto, Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekola, Jakarta: Kencana,, 2016.
Atik Maisaro, Bambang Budi Wiyono, Imron Arifin, "MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR," JAMP, vol. 1(3), pp. 302-312, 2018.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pelita Pengabdian
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.