Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Jatibaru Melalui Pemasaran Online

Penulis

  • Sunita Dasman Universitas Pelita Bangsa
  • Listian Indriyani Achmad Universitas Pelita Bangsa
  • Tri Ngudi Wiyatno Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

ekonomi digital, e-commerce, UMKM, Pemasaran Online

Abstrak

Di era sekarang ini, digital technology merupakan sarana yang sangat berarti bagi pelaku usaha dalam upaya memperluas jangkauan pasartermasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Perkembangan industri saat ini tidak luput penguatan digital technology dari dari berbagai aspek. Peningkatan laju UMKM saat ini ditunjang dengan adanya digital technology dan sangat berkontribusi pada peningkatan product domestic bruto negara. Keberadaan digital technology mampu mendorong pertumbuhan gross domestic product negara dan bertransformasi ke arah digital economy. Perkembangan digital economy sudah dimulai sejak tahun 1980-andengan dimulainya penggunaan komputer pribadi yang ditopang dengan adanya jaringan internet dalam operasional bisnisnya.

Kemajuan teknologi komputer dan internet menjadi tonggak dimulainya perdagangan elektronik atau tang sering dikenal dengan istilah e-commerse. Perkembangan digital economy semakin pesat dengan hadirnya smartphone, kemudahan dalam mengakses jaringan internet serta hadirnya teknologi cloud turut mewarnai pertumbuhan digital economy. Perubahan kemajuan usaha yang berbasis pada platform memudahkan iklim usaha sejalan dengan kemajuan teknologi internet telah mengubah iklim usaha tradisional. Pemanfaatan data dan teknologi jaringan internettelah membuat model bisnis baru. Adanya platform yang digunakan bagi pelaku usaha.

Referensi

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247.

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan perekonomian indonesia melalui digitalisasi UMKM berbasis syariah di masa pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192-205.

AS, Y. A., & Agustina, L. Perkembangan Dan Tantangan Industri Teknologi Finansial Indonesia Di Era Ekonomi Digital.

Chen, T., Fenyo, K., Yang, S., & Zhang, J. (2018). Thinking inside the subscription box: new research on e-commerce consumers.

McKinsey & Company, 1-9. Claesson, A., & Jonsson, A. (2017). The Confusion of Content Marketing: a study to clarify the key dimensions of content marketing.

Dhahir, D. (2019). Rancangan Strategi Kementerian Kominfo Republik Indonesia Dalam Upaya Mengurangi Kesenjangan Digital Indonesian Ministry of Communications and Informatics Strategic Plan for Reducing the Digital. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan), 20(2).

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2).

Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.

Van Alstyne, M. W., Parker, G. G., & Choudary, S. P. (2016). Pipelines, platforms, and the new rules of strategy. Harvard business review, 94(4), 54-62.

Van Ark, B., Erumban, A., Corrado, C., & Levanon, G. (2016, October). Navigating the new digital economy: driving digital growth and productivity from installation to deployment.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-25

Terbitan

Bagian

Articles